Wisata

Angkutan Air di Halte Sungai Serayu Rencana Uji Coba 20 Juni

Rabu, 16 Juni 2021 12.07

Angkutan Air di Halte Sungai Serayu Rencana Uji Coba 20 Juni

Suara Purwokerto - Angkutan air di Halte Sungai Serayu direncanakan uji coba mulai 20 Juni mendatang. Karena perahu milik masyarakat nantinya para pengguna jasa, membayar sesuai kesepakatan dengan pemilik perahu. Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas telah membuka pendaftaran operator Halte Sungai Serayu melalui Aplikasi Angsamas (Angkutan Serayu Banyumas). 
Kepala UPTD Pengelola Sarana Dan Prasarana Perhubungan (UPTD PSPP), Taryono mengatakan, sampai saat ini ada lima operator yang mendaftar. Dari lima tersebut, dua di antaranya sudah diverifikasi yaitu Pesona Wisata Kalisuren (PWK) Desa Papringan Kecamatan Banyumas dan Paguyuban Masyarakat Penggiat Sungai Serayu (PMPS) Rawalo. 
Menurut Taryono untuk pendaftaran operator, saat ini belum ditarget maksimal. Masih berbasis masyarakat dan menggali potensi dan pemberdayaan. 
"Uji coba 20 Juni nanti dari Papringan ke Tambaknegara dan sebaliknya. Sesuai halte yang sudah selesai dibangun, dan berlaku untuk masyarakat umum," katanya melalui sambungan telepon Rabu (16/06/2021)
Mengingat masih pandemi Taryono berpesan kepada operator dan penumpang agar mematuhi protokol kesehatan dan juga menjaga keselamatan.
Rencana uji coba ini perahu yang digunakan adalah milik masyarakat, maka penumpang harus membayar sesuai kesepakatan, belum ditentukan tarif. Sedangkan pemanfaatan dermaga masih gratis, karena belum dibuat Peraturan Daerah (Perda). 
“Kedepan direncanakan pengadaan kapal patroli oleh pemda serta pengembangan kegiatan untuk menumbuhkan bangkitan penumpang, yang terintegrasi dengan angkutan darat, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX