Wisata

Pohon Beringin Lilit Batu Besar! Ini Faktanya

Minggu, 29 Maret 2020 17.24


SITUS  CANDI WARINGIN (WATU KARUT ) 

Desa Kranggan Kecamatan Pekuncen

Situs Candi Waringin terletak di lereng bukit grumbul Pejagan desa Kranggan Kecamatan Pekuncen Banyumas.yang berbatasan dengan grumbul Watu Karut desa Krajan berada di atas Jalur  Kereta Api Rel Ganda jurusan Purwokerto Jakarta .

Grumbul Pejagan merupakan Grumbul terdepan Desa Kranggan Kabupaten Banyumas yang berbatasan dengan Grumbul Surupan Desa Patuguran Kabupaten Brebes.  

Untuk sampai ke Candi Waringin harus berjalan kaki menaiki bukit melewati jalan setapak   kira kira 200 m dari jalan  rel ganda kereta api 

Candi Waringin dengan luas kurang lebih 50 m persegi sejak  zaman dahulu kala merupakan tempat bertapa atau bersemedi untuk mengheningkan cipta memohon petunjuk kepada Sang Maha Kuasa agar memperoleh apa yang dicita citakan.

Bukan bangunan Candi sebagaimana layaknya bangunan Candi yang terbuat dari batu andesit atau batu bata namun hanya berupa batu berukuran sangar besar yang terletak dikebun milik Bapak Drs Riyanto warga Grumbul Pejagan Desa Kranggan.

Batu besar Yang dililit Pohon Beringin yang telah berusia ratusan tahun ,ada yang menyebut usia Pohon Beringin mencapai ratusan tahun dan sampai hari ini masih kukuh meneduhi Candi itu. Oleh karena itu  warga sekitar candi menamakan  Candi Waringin atau Candi Watu Karut karena batu besar itu diikat akar pohon beringin 

Batu Besar itu banyak yang mengatakan sebuah "BATU METEORIT" yang jatuh dari langit ke bumi ratusan tahun yang silam. Namun hal itu  belum dapat dipastikan kebenarannya karena hanya pendapat semata yang belum terbukti kebenarannya.

Karangnangka 25 Maret 2020

Kang Mul

Penulis: Kang Mul

Editor: ANDY ISMER

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX