Wisata

Ribuan Warga Banyumas Ikuti Gowes dan Megot Bareng

Minggu, 09 Februari 2020 12:47 WIB

Suara Purwokerto -  - Ribuan warga Banyumas khususnya Purwokerto dan sekitarnya antusias mengikuti Gowes dan Megot Bareng yang digelar Panitia Hari Jadi Banyumas ke 449 Minggu (09/02/2020) di Alun-alun Purwokerto. Kegiatan tersebut menyongsong Hari Jadi Banyumas ke 449. Gowes dengan start dan finish di Alun-alun Purwokerto. Warga terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan berupa bersepeda mengelilingi kota Purwokerto yang dilanjutan dengan megot bareng dengan Tari Egat egot Banasan

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengajak masyarakat Banyumas untuk melakukan pola hidup sehat, salah satunya adalah olahraga. Menurutnya kegiatan “gowes” dan senam megot bersama akan membawa kemanfaatan bagi masyarakat.

“Mari kita sambut Hari Jadi Banyumas yang ke 449 dengan senang, seraya terus berkerja untuk membangun Banyumas,” katanya

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan ribuan warga bersama sama Bupati Banyumas berserta istri juga terlihat Kapolresta, Dandim dan jajaran Forkopimda ikut dalam rangkaian kegiatan tersebut.

“Bapak Bupati dengan didampingi Kapolresta, Dandim dan jajaran Forkopimda ikut “Gowes” dan menari egat egot yang diikuti oleh ribuan warga Banyumas,” katanya.

Usai “Gowes” dilanjutkan megot bareng dangan tari egat egot, warga juga dihibur musik dan pembagian doorprize.

Jatmiko menambahkan rangkaian kegiatan hari jadi selanjtnya adalah Ziarah ke Makam Raden Djoko Kahiman yang akan dilaksanakan Sabtu (15/02/2020) pagi sekitar 07.30 WIB, di Makam Dawuhan Banyumas, selanjutnya Tasyakuran dan Ruwatan di Pendopo Dupilkat Banyumas jam 09.00 WIB.

“Boyongan Saka Sipanji atau Rengosan akan dilaksanakan pada hari yang sama rencana start jam 10.00 WIB dari Pendopo Dupilkat Banyumas menuju Pendopo Sipanji Purwokerto dijadwalkan tiba pukul 17.00 WIB,” jelasnya

Untuk Kirab Pusaka akan dilaksanakan pada esok harinya yaitu Minggu (16/02/2020) mulai pulul 08.30 WIB sampai dengan selesai start dari Pendopo Wakil Bupati dan Finish di Pendopo Sipanji Purwokerto. 

Menurut Jatmiko ada hal baru yang dilakukan pada Hari Jadi Banyumas ke 449 tahun ini, kalau biasanya Ziarah hanya dilakukan di Makam Bupati Pertama R Djoko Kahiman, kali ini akan dilakukan ziarah ke makan mantan-mantan Bupati Banyumas yang sudah diketahui makamnya.

“Makam Bupati selain yang berada di Makam Dawuhan juga ada di Makam Keluarga Matadirejan Jl Veteran Rejasari, makam Keboetoeh Sokaraja Lor, Makam Manatan Bupati Djoko Sudantoko di Magelang dan juga Makam Manatan Bupati Aris Setiono di Semarang,” jelasnya

Selain itu juga ada acara baru yaitu Banyumas Mantu. Banyumas mantu akan menikahkan massal sebanyak 143 pasang pengantin di Kabupaten Banyumas. 143 pasang terdiri dari masyarakat yang menikah sirih dan yang belum miliki dokumen pencatatan nikah.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.16.1 | Build ID: pmCtWOYYre0vWgHzLSP_f