Wisata

Durian Kromo pun Bisa Dijual dengan Kemasan Berbeda

Selasa, 14 Januari 2020 18.33

Suara Purwokerto -  Diresmikannya Jembatan Kali Sarangan membuat warga Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen mesti bergerak cepat mengoptimalkan potensi di wilyahnya. Mulai dari potensi buah durian Kromo hingga keindahan alam yang ada, dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi di sini banyak. Coba kalau kita mau memanfaatkan sungai ini dengan potensi duriannya. Misalnya, makan durian dengan menikmati keindahan alam seperti suara gemericik air sungai dan kesejukannya. Tidak perlu membawa (durian) ke kota, biar orang-orang atau pembeli datang ke sini,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen usai meresmikan jembatan Kali Sarangan di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Senin (13/1/2020).

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini menjelaskan, untuk bisa menarik pembeli atau orang-orang datang ke Karangsalam, perpaduan potensi durian dan potensi alam tersebut perlu dikemas dengan apik.

“Desa harus memfasilitasi. Kalau ada lahan milik desa yang berpotensi, bisa digarap dengan membangun warung-warung yang juga menyajikan makanan khas. Usaha itu dibuat menarik dulu. Misal dikemas makan durian berbeda dengan biasanya,” ungkapnya.

Selain durian, potensi hasil bumi lain yang juga cukup besar di Desa Karangsalam adalah Melinjo, Petai, dan Jengkol. Potensi itu juga harus digarap dan memberdayakan masyarakat desa untuk mengolah sendiri sebelum dijual.

“Potensi yang besar ada juga melinjo. Itu dikemas dengan baik, tidak dijual bijinya tetapi sudah diolah dan dikemas sendiri. Nanti bisa menjadi pemasukan bagi masyarakat dan bisa diberdayakan,” jelasnya

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengatakan jembatan Kali Sarangan tersebut selain untuk mempermudah akses penduduk di dua RT juga menjadi akses ke Sentra Durian Kromo. Diharapkan adanya jembatan itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat

“Dibangunnya jembatan ini bisa meningkatkan kemandirian masyarakat Desa Karangsalam. Di seberang sungai ini ada sentra durian Kromo yang konon cikal bakal durian Bawor,” katanya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX