Wisata

Ngabuburit di Lorong Blothong, Ini kata Bupati Banyumas Husein

Senin, 13 Mei 2019 08:19 WIB

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein ngabuburit sekaligus menelusuri Lorong Blothong yang ada di Desa Kalibagor, pada hari minggu (12/05/2019).

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menyempatkan diri untuk melihat keberadaan Lorong Blothong yang sudah dibukak sejak awal Puasa. Bapak Bupati setelah menyalami para pengurus dan pengunjung Lorong blothong langsung menuju lokasi untuk masuk ke Lorong sepanjag 80 meter.

Bupati Banyumas didampingi oleh Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Bapak Aziz, Camat Kalibagor, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa Kalibagor, Pengurus Wisata Jengkonang dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein menyampaikan “Saya sangat menghargai ide kreatif masyarakat Kalibagor belakang pabrik gula, bekas saluran pembuangan limbah disulap jadi tempat wisata yang menarik, untuk lorong  kalau bisa jangan jalan, tetapi memakai perahu kecil, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan lorong yang dilewati”.

“wisata ini sudah bagus, karena merupakan inisiatif masyarakat dengan antusias membuat wisata ini, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar, juga ternyata lorong ini bekas pembuangan sampah oleh masyarakat, tetapi sekarang bisa disulap menjadi obyek wisata sangat bagus, semoga kedepan bisa berkembang lebih baik, diusahakan nanti kita bantu untuk pengembangan wisata ini dengan alokasi dari kabupaten atau dengan bantuan keuangan desa.” Jelasnya.

Bapak Aziz Kabid Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas menyampaikan “Lorong Botong merupakan sesuatu yang unik dan punya ciri khas tersendiri, karena merupakan Destinasi wisata yang dibuat oleh masyarakat dengan semangat warganya untuk ikut mendorong mengembangkan wisata, semoga mudah-mudahan akan terus maju dan berkembang”.

“Selanjutnya kami sudah bertemu dengan para pengurus wisata Lorong blothong ini, kami menyarankan untuk legalitas membentuk kepengurusan, yang bisa dalam bentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), sehingga merupakan suatu lembaga yang resmi, sehingga ada kejelasan yang bertanggung jawab, sehingga dari dinporabudpar Kabupaten Banyumas akan melaksanakn pembinaan, tidak hanya di Kalibagor saja, tetapi juga akan mengembangkan minimal didalam 1 kecamatan ada satu obyek wisata, melihat antusias masyarakat sehingga ini harus dikembangkan lebih maksimal.” Jelasnya.

Siswoyo Camat Kalibagor menyampaikan “ke Lorong Blotong sebelumnya saya sudah pernah melihat pada waktu proses pengerjaan, sekaligus ngobrol dengan beberapa masyarakat, karena ini merupakan potensi, ini perlu dikembangkan supaya nanti paling tidak dengan adanya wisata Lorong Blothong bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, menurut kami ini lain dari yang lain artinya disini mempunya ciri khas tersendiri yang perlu dikembangkan”.

“Kami harapkan untuk pengelolaannya secara profesional, pertama untuk dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis), setelah ini nanti desa untuk membuat SK tentang wisata untuk dilaporkan ke Dinporabudpar supaya di catat sebagai wisata. Pada dasarnya wisata bisa berkembang melibatkan 3 unsur yaitu unsur Pemerintah, Unsur Masyarakat dan unsur pengelola”. Jelasnya.

Bupati beserta rombongan memasuki Lorong Blothong bersama para pengunjung lainnya, sampai di pintu keluar Bupati langsung berfoto bersama dengan para pengurus wisata dan pengunjung yang ada disitu. Setelah dari lorong Bapak Bupati langsung ke lokasi kuliner untuk membeli beberapa makanan khas masyarakat Kalibagor untuk oleh-oleh makanan masyarakat Desa Kalibagor.

 

Penulis: Manto

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Selasa, 07 Mei 2019 13:18 WIB

Bupati Banyumas Jadwalkan Tarawih Keliling

Kamis, 02 Mei 2019 14:47 WIB

Calhaj 2019 Ikuti Manasik Massal Perdana

Selasa, 06 November 2018 08:34 WIB

Sekda Banyumas Buka STQ dan MTQ Pelajar

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: ojW7TZxu2oaPSNik5ocTK