Wisata

Lorong Blonthong, Wisata Gagasan masyarakat Jengkonang

Selasa, 07 Mei 2019 11:03 WIB

Suara PurwokertoDestinasi wisata Lorong Blothong digagas oleh masyarakat Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor, dengan     memanfaatkan Lorong atau terowongan bekas pembuangan Limbah (blothong) dari  Pabrik Gula Kalibagor semasa masih aktif. Terowongan ini dibangun Belanda   sekitar Tahun 1839, yang berfungsi sebagai pembuangan limbah (blothong) pabrik gula.

Mahmud Ketua RW 02 Desa Kalibagor menyampaikan “Lorong Blothong digagas oleh masyarakat Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor sejak Maret 2019 dengan bergotong royong dengan masyarakat. Dengan memanfaatkan Lorong pembuangan limbah pabrik gula yang merupakan salah satu peninggalan sejarah, sehingga oleh masyarakat berkiinginan untuk memanfaatkan sebagai wisata”

“Bersama masyarakat Grumbul Jengkonang untuk mewujudkan Wisata Lorong Blothong, dengan berswadaya masyarakat juga bantuan dari para donatur, seingga kegiatan pembangunan wisata bisa berjalan lancar, Sambil mencari donatur yang mau ikut berpartisipasi dalam pembangunan wisata Lorong Blothong yang juga merupakan sejarah atau penginggalan jaman Belanda” ujarnya.

Madi ketua Panitia maenyampaikan “Wisata Lorong Blothong merupakan gagasan dari masyarakat Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor. Lorong dengan panjang lebih kurang 80 m, Lebar 2 m dan tinggi 1.5 m,  ini kita akan jadikan sebagai wisata”.

“Memanfaatkan Lorong Blothong sebagai wisata kita rancang juga sebagai taman bermain. Untuk pintu masuk kita bentuk dengan Lokomotif Kereta Jaman Dahulu, dan untuk Pintu keluarnya kita bentuk relief dan taman”. Jelasnya.

Suratman Sekretaris Panitia Wisata menyampaikan “bahwa kegiatan ini dirancang dan digagas oleh masyarakat Desa Kalibagor. Destinasi wisata ini kita rancang bukan Lorong Blothong saja tetapi kita buat beberapa destinasi lain, seperti taman Bunga, Saung, kios produk dan kuliner desa Kalibagor dan taman bermain”.

“Untuk mengawali promosi Lorong Blothong, di awal bulan puasa ini kita buka wisata Lorong Blothong supaya masyarakat umum bisa tahu, bahwa di Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor ada wisata peninggalan Jaman Belanda yaitu Lorong Blothong, dan sekaligus sebagai ajang ngabuburit di sore hari dengan dibukanya stand kuliner atau ta’jil yang semuanya produk dari Kalibagor.”

Lorong Blothong ada di Desa Kalibagor merupakan destinasi wisata impian masyarakat Kalibagor, memberikan nuansa baru dengan memanfaatkan Lorong peninggalan Jaman Belanda. Gerbang masuk Apabila dari arah Purwokerto Sebelum Ex Pabrik Gula Kalibagor masuk ke arah timur, dan apabila dari arah selatan bisa masuk dari pertigaan selatan Ex Pabrik gula.

Penulis: Manto

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: gGD0ttnFvl5RuVvcC7qN4