Lingkar Purwokerto

Pimpinan UIN Saizu, Segera Ikuti Penguatan Moderasi Beragama

Rabu, 15 Mei 2024 19.42

Rektor UIN Saizu Purwokerto Prof Ridwan

Suara Purwokerto - Dalam rangka meningkatkan pemahamaan dan  penguatan moderasi beragama di lingkungan Kementerian Agama, pejabat yang ada dilingkungan Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto bekerjasama dengan Pusdiklat Kementerian Agama akan menggelar Training of Trainer Penguatan Moderasi Beragama. Kegiatan tersebut bakal diikuti sebanyak 30 peserta, yang merupakan pimpinan di lembaga yang ada di UIN Saizu Purwokerto, yang akan diselenggarakan di The Azana Hotel Airport Semarang 20-26 Mei 2024.
Rektor UIN Saizu Purwokerto Prof Ridwan mengatakan kegiatan tersebut bakal diikuti para Wakil Rektor, Ketua Senat, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, para Sekretaris Lembaga, para Kepala Unit serta Kepala Bagian di rektorat maupun fakultas.
"Dalam rangka peningkatan kapasitas para dosen di bidang moderasi beragama, kami sengaja menggelar Training of Trainer Penguatan Moderasi Beragama. Agenda ini juga diikuti para pimpinan yang belum pernah mengikuti Training of Trainer Penguatan Moderasi Beragama," ungkapnya, Rabu (15/5/2024).
Menurutnya, kegiatan itu menjadi salah ikhtiar Pimpinan UIN Saizu untuk memastikan program prioritas Kementerian Agama itu terkawal dan terimplementasikan dengan baik, sistematis dan terstruktur.
Profesor Ridwan mencontohkan, dalam aspek riset, tema-tema mengenai moderasi beragama adalah tema-tema yang mandatori, yang wajib ada setiap tahun. Selain itu, pihaknya berupaya memastikan pesan-pesan moderasi beragama masuk dalam struktur pembelajaran melalui kurikulum yang ada.
Lembaga ini menggawangi, mengawal dan memastikan program-program moderasi beragama di UIN Saizu Purwokerto akan berjalan dengan baik. Pihaknya berharap, melalui Training of Trainer Penguatan Moderasi Beragama para pimpinan khususnya pengambil keputusan memiliki visi, pandangan dan gerak yang sama

Penulis: Halim

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX