Lingkar Purwokerto

Inovasi Riset "BESt Balls" Raih Gold Medal pada Malaysia Technology Expo 2023

Sabtu, 25 Maret 2023 12.02

Inovasi Riset \"BESt Balls\" Raih Gold Medal pada Malaysia Technology Expo 2023

Suara Purwokerto - Tim Delegasi Unsoed yang diketuai oleh Nisrina Khoirunnisa Salsabila (Agribisnis AJ22), dan anggota tim Gina Rodatul J. (Agribisnis AJ22), Sidik Prasetyo (Agroteknologi 22), Fitri Ayu Puspita S. (Kimia 20), Yasmin Aulia R. (Psl 22) dibawah bimbingan Indah Setiawati, S.P., M.P., berhasil meraih Gold Medal pada Ajang Kompetisi Internasional MTE 2023 (Malaysia Technology Expo).
Nisrina Khoirunnisa Salsabila mengatakan MTE 2023 diadakan secara Hybrid yaitu virtual melalui platform Ibentos dan Zoom serta Live di World Trade Centre, Kuala Lumpur pada 16-18 Maret 2023. Terdapat 16 kategori inovasi yang dilombakan. Event ini diikuti oleh total 17 negara dengan lebih dari 500 karya inovasi.
"Inovasi riset ilmiah yang kami bawakan dalam ajang kompetisi tersebut berjudul “BESt Balls: Biodegradable, Eco-friendly, Sustainable Balls for The Alternative to Styrofoam” dengan kategori Protection of The Environment, Energy, Water, Wastewater, Sanitation & Green Technology," jelasnya dalam release Sabtu 25 Maret 2023
BESt Balls merupakan inovasi bahan pengepakan berbentuk bola-bola yang bahan utamanya terbuat dari limbah tongkol jagung. BESt Balls diciptakan sebagai inovasi pengganti styrofoam maupun bubble wrap yang ramah lingkungan. 
"BESt Balls digunakan untuk mengisi ruang kosong pada paket/box sehingga barang yang ada didalamnya aman dan terlindung dari benturan diluar paket," tambahnya
Value product yang menjadi keunggulan dari BESt Balls diantaranya yaitu biodegradable, compostable, dan elastic. Sifatnya yang biodegradable ketika dibuang ke tanah dan terkena air dengan suhu tinggi BESt Balls akan mudah terurai dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 bulan tidak seperti bahan styrofoam konvensional yang sangat sulit terurai, butuh ratusan bahkan ribuan tahun terurai di tanah.
Karena, kandungan kitosan dan mineral yang ada pada BESt Balls, hal tersebut membuat produk dapat menjadi biofertilizer&biopesticide untuk tanaman. Hal itulah yang membuat BESt Balls memiliki value compostable selain biodegradable. Tidak lupa dengan daya elastisnya sebagai bahan pengepakan,  BESt Balls juga memiliki daya jendal +- 1,5 detik, artinya BESt Balls memiliki elastisitas yang baik dan fleksibel sebagai bahan pengepakan
"Dengan dibuatnya inovasi ini, saya dan tim berharap ide BESt Balls mendapat support dari berbagai pihak dan instansi agar inovasi ini dapat terus berlanjut untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan siap dipasarkan," pungkas Nisrina.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX