Lingkar Purwokerto

Mahasiswa Universitas Nasional Jakarta Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Banyumas

Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB

Suara Purwokerto
Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Nasional Jakarta  melaksanakan program  pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan mulai Senin 23 Januari 2023 di Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Kegiatan yang mengusung tema “Strategi Pengembangan dan Pengelolaan UMKM” diharapkan, dapat memberikan dan menciptakan perubahan bagi desa tersebut.

Saat melakukan Audiensi dengan Bupati Banyumas Achmad Husein Selasa 24 Januari 2023 di Ruang Joko Kahiman, Ketua Program Studi Akuntansi Dr. Bambang Subiyanto, S.E.,M.Ak, CPA mengatakan gerakan mahasiswa yang berlandaskan kepedulian sosial masyarakat dapat menciptakan reformasi yang menjadi tindakan dari salah satu peran mahasiswa yaitu sebagai agent of change. Menurutnya pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana kali ini merupakan program kerja yang dilaksanakan di Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.

"Kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Kalikidang ini diikuti oleh 60 mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis dari 3 program studi yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Pariwisata," ujarnya.

Bambang menambahkan bahwa untuk prodi Manajemen akan menyasar di UMKM, Akuntasi dibagian BumDes, dan prodi Pariwisata akan turun di sektor pariwisata yang ada.

Bupati Banyumas, Ahcmad Husein mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada jajaran Universitas Nasional dan berharap masuknya kegiatan tersebut ke Desa Kalikidang ada bekasnya yang bisa ditinggal dan masyarakat berhasil.

"Ciri khas masyarakat berhasil yaitu omzet nilai jual meningkatkan, dapat menekan biaya operasional lebih kecil tapi omzet tetap, masyarakat terlibat sehingga usaha semakin berkembang, dan bisa booming di tingkat nasional," pesanya kepada Mahasiswa.

Husein juga berpesan pada mahasiswa jika ingin sukses, maka berani mengambil resiko dan mau mengerjakan yang sulit.

"Kalo ingin sukses jangan ambil yang mudah, kalo mudah semua orang bisa. Ambillah yang rumit dan telaten pasti akan jadi," ujarnya

Pada kesempatan ini Bupati juga berbagi ilmu tentang pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas (nan)

Penulis: Nanna N

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2023 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.22.1 | Build ID: VP_LxODfZ1kWeIuyl0vtA