Lingkar Purwokerto

PPK dan PPS Diajak Kampanyekan Anti Politik Uang

Selasa, 24 Januari 2023 16.24

Suara Purwokerto
PURWOKERTO – Para penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tingkat kecamatan dan desa diingatkan untuk bekerja dengan mengedepankan prinsip penyelenggara pemilu yang netral, profesional, dan berintegritas.

Mereka juga diharapkan menjadi motor untuk mengkampanyekan politik bersih tanpa politik uang (money politics).

Demikian mengemuka dalam sambutan Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Imam Arif Setiadi saat acara pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di GOR Sasana Krida, Purwokerto, Selasa (24/1).

“Ayo gelorakan no money politics. Karena money politics adalah pengibulan, pembohongan," kata Bupati Achmad Husein. 

Sebelumnya, hal yang sama yakni ajakan untuk menolak politik uang juga disampaikan oleh Husein saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 4 Januari 2023. “Dosa politik uang lebih berat daripada berzina,” kata Husein memberikan analogi dalam kesempatan tersebut. 

Selain itu, Husein juga berpesan agar PPS yang terlantik bisa menjaga independensi, integritas dan menghindari konflik kepentingan yang dapat merusak wibawa penyelenggara. Penekanan lain adalah agar para penyelenggara Pemilu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Husein meminta agar anggota PPS bisa bersikap jujur, adil, dan objektif dengan tidak berpihak pada kepentingan kelompok maupun kecenderungan pilihan pribadi maupun tokoh politik yang dikenal oleh masing-masing individu.

“Bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Aja kanggo glewehan. PPK dan PPS itu pekerjaan yang serius, bukan untuk mainan,” tandas Husein.

 Ia juga berpesan, agar anggota PPK dan PPS menjaga menjaga kebugaran tubuh dalam menunaikan pekerjaan. Bila punya keluhan penyakit, agar tidak dipaksakan.

Senada dengan Bupati, Ketua KPU Banyumas Imam Arif Setiadi berpesan agar anggota PPS bisa bekerja tim dan membangun komunikasi eksternal dengan pemangku kepentingan Pemilu di masing-masing desa/kelurahan serta kecamatan. Pada kesempatan tersebut, Imam juga menjelaskan tagline nilai kerja yang dicanangkan KPU Banyumas pada Tahun 2023 yakni Profesional, Integritas, Kolaborasi, dan Sinergitas atau disingkat PInKS.

“Kami ucapkan selamat bagi yang terpilih, prosesnya panjang dan penuh drama. Kami mencari orang-orang yang bisa bekerjasama dengan tim dan loyal,” kata Imam.

Kegiatan pelantikan kemarin mengundang sebanyak 993 anggota PPS terpilih dari 331 desa / kelurahan di 27 kecamatan. Para peserta mulai datang ke lokasi pelantikan menjelang pukul 08.00 WIB dengan dipandu oleh Ketua dan Anggota PPK masing-masing kecamatan. Acara dihadiri oleh forkompimda, Bawaslu Banyumas, perwakilan camat se-Banyumas dan dinas terkait. Acara pelantikan berakhir pukul 11.30 WIB. (*)

Penulis: Hawi

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX