Lingkar Purwokerto

Wakil Bupati Banyumas Buka Acara Puspomuda Vaganza Puskesmas Purwokerto Timur 2

Jumat, 2 Desember 2022 07.31

Suara Purwokerto
Dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional ke 58 tahun 2022 yang bertemakan, Bangkit Indonesiaku, Sehat negeriku, Puskesmas Purwokerto Timur 2 pada hari Kamis (1/12/2022} menyelenggarakan acara dengan nama Puspomuda Vaganza. Acara ini merupakan rangkaian acara lomba-lomba yang diikuti oleh seluruh kader balita, lansia dan posbindu wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur 2 dengan jumlah peserta sekitar 350 peserta. Lomba-lomba yang diadakan tersebut antara lain yaitu fashion show tema kesehatan, penampilan Tik Tok, pameran menu PMT.
Acara yang digelar di gedung Futsal GOR satria Purwokerto tersebut dihadiri wakil Bupati Banyumas, Drs. H, Sadewo Tri Lastiono, M.M., anggota DPR RI, Wastam, S.E., Plt Kepala dinas kesehatan Banyumas, Djoko Setiono, S.Sos. Forkompinca Purwokerto Timur serta para kader PKK dan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur 2.
Naluri Widyaningsih Syamsiedi, SKM., MKM. Selaku kepala Puskesmas Purwokerto Timur 2 dalam sambutannya mengatakan bahwa Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat merupakan sarana kesehatan yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Untuk itu peranan puskesmas hendaknya tidak lagi menjadi sarana pelayanan pengobatan dan rehabilitative saja tetapi juga lebih ditingkatkan upaya promotif dan preventif. Oleh karena itu promosi kesehatan menjadi salah satu upaya wajib di puskesmas. Puskesmas tidak bekerja secara maksimal bekerja tanpa ada pihak-pihak yang membantu dalam pelaksanaan kegiatannya. Salah satunya adalah kader yang turut aktif mensukseskan setiap kegiatan puskesmas.
Di sela-sela kesibukannya nampak hadir juga pengusaha yang juga anggota DPR RI asal Banyumas, Wastam, S.E. yang dalam sambutannya mengatakan bahwa sedang menggodok undang-undang kesejahteraan ibu dan anak yang tujuannya antara lain memperjuangkan supaya cuti hamil bisa enam bulan serta supaya kehamilan bisa ditanggung oleh BPJS.
Plt Kepala dinas kesehatan Banyumas, Djoko Setiono, S.Sos., dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras semua kader hingga pada saat puncak hari kesehatan nasional kabupaten banyumas mendapatkan penghargaan berupa kabupaten terbaik yang telah melakukan percepatan untuk stop BAB sembarangan. Disamping itu Baanyumas berhasil menjadi percontohan pengelolaan sampah secara nasional.
Wakil Bupati Banyumas, Drs. H, Sadewo Tri Lastiono, M.M. di sela-sela sambutan pembukaan acara Puspomuda Vaganza ini menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Puspomuda tersebut dan berharap kegiatan ini akan bermanfaat untuk guyub dan rukun bareng, karena Puskesmas merupakan garda terdepan untuk menjaga kesehatan masyarakat. Pihaknya juga telah mengusulkan kepada dinas kesehatan agar ibu hamil resiko tinggi diberi gelang untuk memantau kesehatan ibu hamil resiko tinggi tersebut. Dengan gelang tersebut, setiap ibu hamil resiko tinggi setiap ada keluhan dapat menghubungi petugas Puskesmas dengan sekali pencet di gelang tersebut, sehingga resiko kematian dari ibu hamil resiko tinggi tersebut dapat diturunkan. Pihaknya juga berharap dengan kegiatan Puspomuda Vaganza ini dapat bersama-sama menyemarakan dan membudayakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Penulis: A.B.Setiawan

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX