Lingkar Purwokerto

Vaksin Muhammadiyah Banyumas, Jemput Bola Para Lanjut Usia

Selasa, 26 Oktober 2021 17.02

Suara Purwokerto
Melalui Mentari Covid Vaccine, Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, United States Agency for International Development (USAID) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia selenggarakan Vaksin di Muhammadiyah Banyumas. 

Berbeda dari biasanya, peserta vaksin kali ini mendapatkan berbagai fasilitas dan merchandise bagi yang beruntung.  Tidak hanya itu, peserta vaksinasi juga memiliki layanan jemput bola para lanjut usia. 

Ketua satgas Covid-19 UMP Dr Ns Umi  Solikhah SKep SPd MKep mengatakan, panitia lakukan layanan  penjemputan khusus untuk para lanjut usia. 

Dari 32 persen yang belum di Vaksin di Kabupaten Banyumas, itu ternyata sebagian besar adalah lansia yang tidak dapat mengakses vasilitas vaksinasi. Sehingga kami sediakan vasilitas transportasi untuk jemput lansia,” katanya disela-sala acara, Selasa (26/10/2021). 

Beberapa lansia yang memang tidak bisa mengakses dijemput dan diberikan edukasi terkait pentingnya vaksinasi tersebut. 

Rata-rata mereka (lansia) tidak tertarik dengan vaksinasi. Sehingga setelah kita berikan vasilitas tersebut, lebih banyak lansia yang menjadi sasaran vaksinasi,” katanya. 

Menurutnya hal itu dilakukan untuk membantu target dari Pemerintah Banyumas yang masih mengutamakan lansia, mengingat vaksin yang digunakan adalah vaksin Pfizer yang aman untuk lansia. 

Selain lansia, sebagian dari mereka juga ibu hamil yang sebelumya ternyata takut divaksin. Setelah diberikan edukasi, banyak dari mereka kemudian mengikuti vaksinasi di UMP,” jelasnya. 

Sementara itu salah satu peserta vaksin lansia dari Notog, Patikraja Murtiah (80) mengatakan layanan jemput bola yang dilakukan Tim UMP sangat membantu bagi mereka lansia yang akan melakukan vaksin. 


Pelayanaannya tadi ramah dan cepat. Beruntung ada layanan jemput dan diantar lagi ke rumah. Karena rumah saya jauh dari UMP. Dan saya tidak tau bagaimana cara daftarnya seperti apa,” katanya. 

Menurutnya, vaksin jemput bola dengan layanan antar jemput untuk lansia sangat membantu karena memudahkan akses dan mendapatkan vasilitasi untuk mendapatkan vaksin tersebut.(tgr)

Penulis: Humas

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX