Lingkar Purwokerto

ODGJ Banyumas Evaluasi Warga Pasir Kidul Yang Mengurung Diri 40 Tahun

Selasa, 28 September 2021 14.24

Suara Purwokerto - Relawan khusus ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) Banyumas kembali melakukan kegiatan  mengevakuasi Orang dengan Gangguan Jiwa di desa pasir kidul kecamatan Purwokerto Barat (28/9)

Penderita Gangguan jiwa tersebut seorang laki-laki  berinisial R umur 59 tahun yang sudah menderita gangguan kejiwaan sejak lulus sekolah Smp 4. Penderita  mempunyai cita2 bersekolah di SMA  favorit .

Namun harapannya pupus, dikarenakan orangtuanya tidak mempunyai biaya akhirnya dimasukan ke salah satu pondok.
Penderita mempunyai talenta seni yang tinggi,setelah selesai dari pondok  sempat bekerja membuat pahatan ukiran. Kembali terganggu kejiwaannya manakala jatuh hati dengan seorang perempuan ,dan ditolak
Sejak saat itu  mengurung diri hampir selama 40th didalam kamar. Berbagai upaya keluarga sudah dilakukan dengan mendatangkan orang pintar,bahkan sempat dua kali di bersihkn mandi dan cukur rambut namun tidak membuahkan hasil dan kembali mengurung diri.

Saprol koordinator kegiatan mengatakan menerima Laporan  dari salah satu warga setempat yang merasa prihatin dan peduli
Sehingga Relawan ODGJ Banyumas mendatangi rumah penderita, awalnya sangatlah sulit untuk dapat berinteraksi dengan penderita dengan berbagai cara membujuk rayu dalam akhirnya mau dipotong rambutnya dan mandi,setelah itu kami terapi.
Dengan rasa syukur sudah banyak perubahan sudah mau sholat berjamaah dimasjid lingkungan setempat.

Fadil selaku ketua RT setempat bersama kedua kakak perempuan penderita disela kegiatan menyatakan sangat berterimakasih atas upaya team Relawan ODGJ yang sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu penderita dan dapat mengevakuasi penderita dengan baik.

Penulis: Edi Wahono

Editor: Aksa

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX