Lingkar Purwokerto

Bupati Setujui Jalan Kampus Menjadi Jalan Prof Rubijanto Misman

Rabu, 15 September 2021 17:11 WIB

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas, Achmad Husein menyambut baik dan menyetujui usulan perubahan nama Jalan Kampus menjadi Jalan Prof Rubijanto Misman. Hal tersebut diungkapkan Bupati saat memberi sambutan pada upacara pelepasan jenazah dan penghormatan terakhir Prof Rubijanto Misman di Auditorium Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Rabu, 15 September 2021. Menurut Bupati selain permintaan dari Sivitas akademika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, juga masukan dari masyarakat melalui WA pribadinya.

"Ada (pesan) WA masuk ke saya, yang mengusulkan Jalan Kampus diubah menjadi Jalan Prof Rubijanto Misman, maka pada kesempatan ini saya setujui dan Insyaallah akan kita proses," kata Bupati Husein yang disambut tepuk tangan hadirin.

Adapun untuk tahapan perubahan nama jalan ini, setelah membuat disposisi, pengusulan perubahan akan dibahas bersama pihak terkait. Berikutnya, akan ditetapkan dengan SK Bupati. Usulan perubahan nama jalan tersebut masuk pada Perda yang diperbarui 5 tahun sekali.

Bupati Husein mengatakan, almarhum Prof Rubi dikenal dekat dengan masyarakat maupun pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten. Ia turut berbela sungkawa, dan mengucapkan terima kasih atas dedikasinya kepada masyarakat.

Rektor Unsoed, Prof Suwarto mengatakan Sivitas akademika Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengusulkan kepada Bupati agar Jalan utama yang membelah komplek perguruan tinggi tersebut selama ini menjadi jalur lalu lintas utama bagi para mahasiswa, dosen, karyawan maupun masyarakat, yang semula Jalan Kampus agar diganti nama menjadi Jalan Prof Rubijanto Misman.

"Mengingat jasa yang cukup besar kepada Unsoed, masyarakat di lingkungan Unsoed dan pemerintah kabupaten maupun masyarakat Banyumas pada umumnya, atas dorongan dari alumni, maka nama Jalan Kampus kita usulkan menjadi Jalan Profesor Rubijanto Misman," kata Rektor.
 
Harapannya, kata dia, nama jalan ini akan menjadi pengingat terhadap jasa-jasa dan kiprah Prof Rubi selama hidup. Perhatian Prof Rubi kepada Unsoed sampai hal-hal kecil, termasuk usulannya, setahun lalu yang mendorong pihak Unsoed untuk merenovasi Masjid Nurul Ulum yang berdiri sejak tahun 1986.

� �Namun, Yang Maha Kuasa berkehendak lain dan memanggil sebelum masjid tersebut selesai. Masjid Nurul Ulum merupakan salah satu amal kebaikan almarhum dan karena itu, kita mengantarnya dengan salat bersama di masjid tersebut," kata Rektor Prof Suawarto.

Mantan Rektor Unsoed Purwokerto, Prof Rubijanto Misman, meninggal setelah sempat dirawat di RS Geriatri Purwokerto karena sakit perut, Selasa 14 September 2021 sekitar pukul 14.30 WIB. Usai disemayamkan di Auditorium Unsoed dan disalatkan di Masjid Nurul Ulum Unsoed, jenazah Prof Rubi dimakamkan Kompleks Pemakaman Keluarga Mertadiredjan Kalibogor, Rabu, 15 September 2021

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk