Lingkar Purwokerto

PMI Banyumas dan Cilacap Dapat Bantuan Konsentrator Oksigen

Selasa, 17 Agustus 2021 22.44

KONSENTRATOR OKSIGEN : Sekjen PMI Pusat Sudirman said (ketiga dari kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan konsentrator oksigen ke PMI Banyumas dan Cilacap, di aula UDD PMI Banyumas, Selasa (17/8/2021).

Suara Purwokerto
PURWOKERTO- Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat memberikan bantuan konsentrator oksigen kepada PMI Banyumas dan PMI Cilacap, Selasa (17/8/2021). 

Bantuan konsentartor oksigen tersebut diserahkan oleh Sekjen PMI Pusat Sudirman Said, di aula Unit Donor Darah (UDD) PMI Banyumas, di Sokaraja. Masing-masing menerima dua unit konsentrator oksigen.

Selain konsentrator oksigen, PMI Pusat juga membantu masker untuk PMI Banyumas dan PMI Cilacap. Pada kesempatan itu PMI Jateng juga menyerahkan bantuan masing-masing satuu tabung oksigen yang diserahkan oleh Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana.

Sekjen PMI Pusat Sudirman Said mengatakan konsenttrator oksigen yang diberikan kepada PMI di daerah merupakan bantuan dari negara sahabat. Konsentrator oksigen itu oleh PMI diberikan kepada PMI di daerah untuk membantu menanggulangi Covid-19.

' Di tengah pandemi Covid-19, PMI bisa menjadi perekat berbagai aksi kemanusiaan. PMI sebagai pelayan masyarakat. Sudah banyak geraakan-gerakan kemanusiaan dari PMI dalam mengatasi Covid-19. Tak hanya membantu konsentrator oksigen, tapi juga penyemprotan-penyemprotan, bagi sembako, obat-obatan dan penyediaan plasama konvalesen,'' ungkap Sudirman Said.

Konsentrator oksigen merupakan alat yang berfungsi menyediakan oksigen dengan cara mengambil udara di sekitarnya dan memisahkan kandungan zat di udara, sehingga oksigen yang ditemukan dapat disalurkan kepada pasien. Dengan kata lain, alat ini memproses udara bebas di sekitar menjadi oksigen murni dengan tingkat kemurnian di atas 90%.

Kelebihan oksigen konsentrator adalah tidak memerlukan pengisian ulang seperti tabung oksigen. Beratnya pun lebih ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana. 

Tak seperti oksigen medis yang disuplai dari unit industri melalui tabung, konsentrator oksigen merupakan perangkat yang dapat dioperasikan di rumah. Perangkat ini dapat bekerja dengan menyambungkannya ke stopkontak listrik atau menggunakan baterai. (*)

Penulis: Sudiarta

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX