Lingkar Purwokerto

PMI Banyumas Bagikan 1000 Paket Obat untuk Warga Terpapar Covid-19

Kamis, 12 Agustus 2021 15:56 WIB

Suara Purwokerto
Peduli Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas membagikan 1.000 paket obat secara gratis untuk warga masyarakat terpapar Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

' Ada 1.000 paket obat yang dibagikan secara gratis kepada pasien Covid-19 yang menjalani isoman di rumah. Obat mulai dibagikan Kamis (12/8/2021), melalui kelurahan setempat,'' kata Kepala Markas PMI Banyumas Ariono, disela-sela membagikan obat untuk pasien Covid-19 di Kelurahan Mersi, Kecamatan Purwokerto Timur, Kamis (12/8/2021).

Dalam satu paket obat yang dibagikan ada tujuh macam obat, antara lain berupa obat antibiotik, antiperadangan dan vitamin.

' Syarat bagi yang bisa mendapatkan obat gratis dari PMI adalah pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah,'' jelasnya.

Untuk membagikan obat tersebut, kata Ariono, PMI bekerja sama dengan Puskesmas, Kecamatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, bidan desa dan pihak kelurahan untuk membagikan obat. 

' Data warga yang positif terpapar Covid-19 dan menjalani isoman diperoleh dari kelurahan. Obat dari PMI didrop ke kelurahan sesuai jumlah yang ada di tiap kelurahan. Selanjutnya oleh kelurahan dan Tim Satgas Covid-19 obat didistribusikan ke alamat warga yang menjalani isolasi mandiri,'' jelas Ariono.

Ariono menambahkan untuk sementara bantuan obat gratis tersebut diberikan kepada pasien Covid-19 di wilayah Kota Purwokerto yang sedang menjalani isolasi mandiri. Serta pasien di Poliklinik PMI yang diketahui terpapar Covid-19.

Untuk Kamis (12/8/2021) ada tiga kelurahan yang batuan obatnya diserahkan. Yakni Kelurahan Arcawinangun, Kelurahan Mersi dan Kelurahan Purwokerto Wetan yang ada di Kecamatan Purwokerto Timur.

''Besok Jumat (13/8/2021) juga akan diserahkan ke beberapa keluarahan yang ada di Kecamatan Purwokerto Timur. Selanjutnya secara bergilir akan diserahkan obat di Kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Utara dan Purwokerto Selatan,'' terang Ariono. (*)

Penulis: Sudiarta

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk