Lingkar Purwokerto

TMMD Sengkuyung Tahap I Digelar di Karangmangu Purwojati

Selasa, 17 Maret 2020 14.50

Suara Purwokerto -Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahap I Tahun 2020 Kodim 0701 Banyumas digelar di Desa Karangmangu Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Kegiatan yang sedianya dibuka secara seremonial itu, tidak jadi dilaksanakan karena antisipasi virus corona. Sehingga secara simbolis program yang akan dilaksanakan itu ditandatangani oleh Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Candra, SE. M.I.Pol dengan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein di Ruang Joko Kahiman Selasa (17/03/2020). 

Menurut Dandim TMMD digelar dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berupa sarana dan perasarana umum serta menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara guna menciptakan masyarakat yang sejahtera dan memiliki ketahanan nasional. 

“Program TMMD di Karangmangu ini sudah kita mulai tanggal 16 maret kemarin, bahkan pra TMMD sudah dilakukan pembangunan fisik yaitu pembuatan dan pengerasan jalan sampai saat ini sedang berlangsung. Kemudian ada RTLH ada pengobatan masal, penyuluhan kesehatan, dan pembangunan non fisik lain yang saat ini menjadi permasalahan,” kata Letkol Inf Candra

Masalah kesehatan menjadi perhatian oleh Tim TMMD, juga masalah-masalah yang menjadi kesulitan masyarakat, sehingga dengan waktu yang ada diharapkan dapat membantu masyarakat. Dandim juga meminta masyarakat untuk guyub rukun membangun wilayahnya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Karena saat ini sedang berjangkit virus corona masyarakat dihimbau untuk berperilaku hidup sehat dengan langkah-langkah pencegahan.

“Mari bersama-sama warga masyarakat, kita bergotong royong, kita bersatu padu meningkatkan sumber daya kita, kemudian mari kita jaga, satu NKRI,” tegasnya. 

Sementara itu Pasiter Kapten Inf Putut Widodo menambahkan bahwa TMMD kali ini sasaran pokok berupa pembangunan fisik, yaitu pengerasan dan pengaspalan jalan dengan panjang 1.555 meter lebar 2,5 meter, pembangunan talud 127,73 m3. Serta sasaran tambahan berupa pembangunan bedah rumah dan pemugaran RTLH sebanyak 6 unit. Selain itu juga ada pembangunan non fisik berupa sosialisasi maupun pelatihan-pelatihan.

Sedangkan Bupati Banyumas Ir Achmad Husein berharap terwujudnya kerjasama dan koordinasi yang baik antara instansi di daerah serta partisipasi aktif masyarakat, dalam mensukseskan TMMD agar berdaya guna dan berhasil guna.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX