Lingkar Purwokerto

Siswa SDN 1 Karanggintung Sumbang Sambangi DPRD

Rabu, 11 Maret 2020 17.17

Suara Purwokerto -  - Sebanyak 43 siswa SD Negeri 1 Karanggintung Kecamatan Sumbang mengunjungi DPRD Kabupaten Banyumas,  Rabu (11/3) pagi. 

Siswa-siswi Kelas 4 tersebut dikawal oleh enam guru pendamping dari sekolah setempat.

Kegiatan pengenalan budaya dan daerah ini dikemas dalam kegiatan pembelajaran di luar ruang (outdoor learning).

Sebelum menyambangi gedung wakil rakyat itu, anak-anak berkesempatan melihat dari dekat Pendopo Sipanji di Jalan Kabupaten No 1 Purwokerto. 

Dalam sejarah Banyumas, dulunya Pendopo Sipanji berada di Kota Lama Banyumas. Seiring dengan pindahnya ibukota ke Purwokerto, maka pendopo pun diboyong dengan memutar wilayah tanpa melintasi Sungai Serayu. 

"Selain untuk menambah wawasan, kami ajak anak-anak kemari guna melengkapi pengetahuan sejarah tentang perpindahan pendopo tersebut," kata Sulis Priyani, Kepala SDN 1 Karanggintung.

"Karena lokasinya berdekatan dengan pendopo, kami sekaligus mengajak anak-anak untuk menyambangi dan melihat dari dekat Gedung DPRD," kata Ulfatul Asifah, salah seorang guru pembimbing. 

Kegiatan outdoor learning menjadi salah satu kegiatan tahunan lembaga pendidikan  dasar yang beralamat di Desa Karanggintung Kecamatan Sumbang ini. (*)

Penulis: Saefudin

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX