Lingkar Purwokerto

Pramuka IAIN Purwokerto Tambah Anggota Baru

Minggu, 1 Maret 2020 21.28

Suara Purwokerto
Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien pangkalan IAIN Purwokerto menambah anggota baru dalam acara Penerimaan Calon Pandega (Pecapa)XVI tahun 2020. Kegiatan digelar Jum'at (28/02/2020) hingga (01/03/2020) di Sekitar kampus dan dilanjutkan di Baturraden. 

Ketua Dewan Racana Sunan Kalijaga, Arif Hidayat mengatakan PECAPA merupakan tahap kaderisasi anggota bagi Tamu Racana untuk dilantik menjadi calon Pandega. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini mengambil tema "Membentuk Kader Racana yang Tangguh dan Militan". 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan kader pramuka pandega yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan, menumbuhkan kader pramuka Pandega yang tangguh berdasarkan kode kehormatan pramuka, serta meningkatkan rasa cinta dan loyalitas terhadap Racana," katanya

Sementara itu Ketua Reka Kerja Lulus Isnan Ratna Rikhan Abdullah mengatakan kegiatan diikuti 24  anggota sebelum dikukuhkan mereka dibekali materi diantaranya kepandegaan, survival, simulasi pertolongan pertama, problem solving dan pengembaraan.

Wakil Rektor 3 sebagai Pembina Pramuka IAIN Purwokerto Hizbul Muflihin berpesan agar peserta sanggup menciptakan kondisi yang aman dan nyaman. 

"Mari ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena program yang sudah di depan mata kita, ada 2 yaitu Kalimas dan Perkemahan Wirakarya yang akan kalian ikuti," katanya

Sulkhan menambahkan di era global sudah seharusnya pramuka membangun kegiatan yang kreatif sehingga akan mendapat kepercayaan bahwa pramuka merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan kreatifitas. 

"Pramuka harus mengikuti zaman, agar selalu menarik," tambahnya.

Ika Santia Irfani

Penulis: Ika Santia

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX