Lingkar Purwokerto

Dinkes Kabupaten Banyumas Laksanakan Rakerkesda

Selasa, 30 April 2019 14:36 WIB

Suara Purwokerto -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas melaksanakan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (RAKERKESDA) di Ruang Gladiola Resto d'Garden Purwokerto, Selasa (30/4/2019). Kegiatan yang mengambil tema “Kerja bareng meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan bayi untuk mewujudkan generasi sehat, produktif, bebas dari penyakit dan stunting” ini diadakan untuk meningkatkan sinergi antar instansi terkait sehingga peningkatan kesehatan di Banyumas pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya dapat tercapai.

Dalam laporannya, Sugianto,  Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti 160 peserta yang terdiri dari unsur kesehatan masyarakat. 

Rakerkesda kali ini juga dihadiri oleh Kepala Bappenas Wilayah Magelang, Wakil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Urusan Agama, Kepala BPJS Kesehatan Purwokerto, Kepala BNN Banyumas, Direktur RS negeri dan swasta di Banyumas, Perwakilan PKK Kabupaten Banyumas, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan dan Masyarakat serta Kepala UPT Dinas Kesehatan.

Sambutan Bupati Banyumas yang dibacakan oleh Srieyono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Setda Kabupaten Banyumas, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama dan kerja keras yang telah dilakukan untuk meningkatkan pembangunan kesehatan di Kabupaten Banyumas.

Disampaikan pula bahwa kesehatan adalah hak fundamental masyarakat, sehingga pemerintah harus mengatur agar masyarakat mendapatkan hak kesehatannya, terlebih  masyarakat yang  kurang mampu. 

Lebih dari itu, tahun 2019 adalah tahun kedua Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Banyumas di mana kesehatan merupakan salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Banyumas yang terjabar di dalamnya.

"Kesehatan bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja, tapi tanggung jawab kita semua. Semua pihak harus berperan sehingga terjalin harmonisasi dan hubungan kerja yang selaras” katanya. (*)

Penulis: Pujo Priono

Editor: Saefudin

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: ojW7TZxu2oaPSNik5ocTK