Profil

Sekilas Besta Noviana Kushof, Peraih Medali Perak PON Cabor Taekwondo

Selasa, 12 Oktober 2021 21:32 WIB

Taekwondoin, Besta Noviana tunjukkan medali perak saat diapit Manajer Pungky (kanan) dan pelatih Muhammad Dian Nafi (kiri) di venue PON XX Papua 2021

Suara Purwokerto - Besta Noviana Kushof Taekwondoin Banyumas yang tergabung Tim Taekwondo Jawa Tengah pada PON XX Papua 2021, berhasil meraih medali perak. Ia turun pada nomor poomsae beregu putri bersama Mutiara Habiba dan Thalita Laliba berhasil meraih prestasi pada pertandingan yang berlangsung di GOR Serba Guna Politeknik Penerbangan, Kota Jayapura, Minggu 3 Oktober 2021 lalu.
Besta adalah salah satu atlet generasi baru Banyumas cabang olahraga taekwondo yang turut bertanding pada nomor pomsae.
Menurut Manajer Tim Taekwondo di kontingen Jateng, R Priyo Pungkiyadi, Besta termasuk atlet generasi baru, tetapi mampu menembus level nasional.
"Ini diharapkan memotivasi taekwondoin lain Banyumas," kata pria yang akrab disapa Pungky ini.
Gadis kelahiran Tegal, 17 Mei 2002, yang beralamat di Jl. Karanggintung RT 05 RW 03, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, baru saja masuk perguruan tinggi di Universitas Negeri Semarang. Awalnya atlet itu bermain di nomor pertarungan (kyorugi), tetapi dipindah ke jurus (pomsae).BLangkah itu ditempuh karena postur kecil, kurang menunjang untuk bertarung di nomor pertarungan. Besta didampingi pelatih Muhammad Dian Nafi, juga dari Banyumas.
Awalnya, kata Pungky, saat disuruh pindah ke nomor pomsae, Besta merasa keberatan.
"Saya bilang, kalau nggak mau ke pomsae berarti tutup buku, karena tidak mungkin bisa berprestasi. Setelah itu bisa menerima, dan prestasinya menanjak sampai menembus level nasional."
Putri pasangan Kusnandar dan Nunung Shofiqoh merupakan anak kembar, saudara kembarnya adalah Beste, juga atlet taekwondo pomsae.
Beste bermain di nomor freestyle pomsae, namun tidak dimainkan di PON. Prestasi Beste juga cukup bagus, karena berhasil menduduki peringkat tiga besar nasional.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk