Profil

Demi Kondusivitas Banyumas, dr Budhi Setiawan Pilih Mundur dari Pilkada 2018

Rabu, 21 Maret 2018 08:07 WIB

Demi Kondusivitas Banyumas, dr Budhi Setiawan Pilih Mundur dari Pilkada 2018

Suara Purwokerto : Gayanya santai, tetapi tegas ketika membuat keputusan. Begitu kiranya yang bisa dilihat dari sosok dr Budhi Setiawan. Setelah mendampingi Achmad Husein dari tahun 2013 sebagai wakil bupati, kini ia mengemban tugas baru sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Banyumas.

 

Mulai dari 15 Februari lalu, ia ditunjuk sebagai orang nomor satu di Banyumas, setelah Achmad Husein secara resmi cuti dalam Pilkada 2018.

 

Sebelumnya, nama dr Budhi Setiawan selalu disebut akan maju dalam pesta demokrasi di Banyumas.

 

Karakter, profil, dan sepak terjangnya dalam kepemimpinan sudah tak diragukan lagi. Di samping menjabat Plt Banyumas, suami Dra Linawati ini juga pernah menjabat Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banyumas. Dalam dunia politik, ia menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Banyumas.

 

Melihat semua itu, berbagai elemen sempat berharap ia akan maju menjadi calon bupati. “Memang banyak yang mendorong saya untuk maju; dukungannya sungguh luar biasa,” katanya.

 

Karena dorongan itulah, ia sempat mendaftar dalam bursa bakal calon bupati Banyumas ke PDI Perjuangan. Namun, seiring berjalannya dinamika politik, ia mengurungkan niat dan memilih untuk fokus melayani masyarakat.

 

Keputusan ini bukanlah hal yang mudah diambil bagi dr Budhi. “Banyak pendukung saya yang masih mempertanyakan pengunduran diri saya sampai saat ini,” katanya.

 

Menurutnya, keputusan tersebut diambil setelah rembugan dengan banyak pihak, termasuk pendukungnya. Ia mengatakan, Kondusivitas Banyumas lebih penting daripada hanya mengejar ego untuk dapat posisi nomor satu.

 

“Tidak hanya melihat kondisi masyarakat secara umum. Menurut saya, keputusan ini  akan lebih baik agar Banyumas, instansi pemerintahan daerah, dan partai yang saya pimpin tetap kondusif,” katanya.

 

Jabatan yang akan rampung pada 11 April mendatang ini menurutnya sangat penting. Di samping merampungkan program kerja yang menurutnya sudah 80 persen, dinamika politik daerah juga akan lebih tenang.

 

Menurutnya, sekarang ini masyarakat lebih merasa nyaman dan tenang walaupun sedang ada pertarungan (head to head) dua calon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas.

Penulis: Humas Pemkab Banyumas

Editor: Parsito

Copyright ©2020 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.19.3 | Build ID: EjyYc7swEl9kQ6JwClUYg