Politik

Mendagri Minta Kepala Daerah Berkoordinasi Wujudkan Pilkada Damai

Kamis, 23 Mei 2024 08.48

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berbicara dalam satu kesempatan (Foto: Puspen Kemendagri)

Suara Purwokerto - Mendagri Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah membangun koordinasi lintas pihak dalam menjaga Pilkada 2024 berjalan aman damai. Kepala daerah dapat berkoordinasi dengan forum pimpinan daerah, pemangku kepentingan terkait.
Juga aparat keamanan yang meliputi TNI dan Polri, serta unsur lainnya. Permintaan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 200.2.1/2222/SJ tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. 
“Unsur lainnya, seperti tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat lainnya juga dapat diajak koordinasi. Sehingga Pilkada serentak 2024 terlaksana dengan aman dan damai,” kata Mendagri dalam keterangan diterima Suara Purwokerto, Selasa (21/5/2024).
Menurut dia, upaya tersebut harus dilakukan dalam rangka menciptakan stabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu menciptakan ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat sesuai tugas dan fungsi.
Tak hanya itu, Mendagri juga menekankan pentingnya kepala daerah meningkatkan peran partisipasi asosiasi atau perhimpunan wartawan. Hal ini melalui kerja sama dengan wartawan dan media massa.
"Agar berkontribusi dalam sosialisasi, edukasi, dan literasi yang bertujuan mencerdaskan pemilih serta meningkatkan partisipasi pemilih. Mencegah pemberitaan negatif sebagai upaya memperkuat legitimasi hasil Pilkada Serentak 2024,” ucapnya.
Kepala daerah juga diminta melaporkaan pelaksanaan SE tersebut secara berjenjang kepada Mendagri. Laporan melalui Sekretariat Jenderal paling lama Juni 2024.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX