Nasional

Inorga E-sport Dari 30 kabupaten Kota, Ikut Forda KORMI Jateng II

Sabtu, 6 Juli 2024 20.12

Inorga E-sport Dari 30 kabupaten Kota, Ikut Forda KORMI Jateng II

Suara Purwokerto - Sebanyak 300  anak muda mengikuti inorga (istilah cabor) E-sports dalam festival olahraga daerah (Forda) Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jateng 2024 yang digelar di Pendopo sipanji Purwokerto, Sabtu (6/7/2024).
Dari hasil penyisihan e-sports atau orlahraga elektronik tersebut, tersisa sebanyak 110 peserta dalam tiga perlombaan salah satunya yakni mobile legend dan pubg mobile.
Sementara untuk peserta sendiri berasal dari 30 kabupaten se jawa tengah dan mentargetkan untuk bisa tampil di fornas 2025 yang akaj digelar nusa tenggara barat.
Sementara Ketua KORMI Jawa Tengah Rr Maria Tri Mangesti melakukan tinjauan ke sejumlah venue perlombaan  sekaligus memberi motivasi dan semangat kepada para peserta.
Saat melakukan tinjauan Maria mengaku terkesan dengan bakat para generasi muda. Tak hanya itu Maria juga berinteraksi langsung dengan peserta dan Panitia lokal.
"Saya lihat antusiasme nya sangat tinggi,bahkan beberapa jenis Inorga pesertanya membludak, ini menunjukkan minat masyarakat sangat tinggi," jelasnya.
Lebih lanjut diungkapkan, KORMI juga mendorong kesehatan dan kebugaran masyarakat. Lebih dari itu minat bakat masyarakat juga dapat disalurkan menjadi prestasi.
Peserta yang membludak salah satunya pada Inorga Asosiasi Senam Kebugaran Indonesia, Indonesia E Sport Association IESPORT, dan Ikatan Langkah Dansa.
Ketua KORMI Jateng juga meninjau Keluarga Pencak Silat Nusantara di Aula Bank Jateng Purwokerto. Kunjungan tersebut sengaja dilakukan untuk memantau lebih jauh pelaksana di setiap vanue.
Sedangkan ketua penyelenggara perlombaan e-sports, Fauzi menyebutkan perlombaan seperti ini memiliki banyak manfaat bagi generasi muda agar memanfaatkan gadget lebih bermanfaat.
"Salah satunya adalah pengembangan Keterampilan misal bermain game sscara kompetitif membantu dalam pengembangan  seperti koordinasi mata-tangan, refleks cepat, dan kemampuan berpikir strategis," katanya.
Ia juga menyebut banyak game esports dimainkan secara tim, sehingga pemain belajar pentingnya kerjasama, komunikasi, dan membangun strategi bersama untuk mencapai tujuan.
Industri e-sports yang berkembang pesat menawarkan berbagai peluang karir, mulai dari pemain profesional, pelatih, manajer tim, hingga pembuat konten dan penyiar konten.
Forda jateng 2024 mengaku terlibat dalam esports untuk memperkenalkan generasi muda pada teknologi, perangkat keras, dan perangkat lunak terbaru, yang dapat mendorong minat di bidang teknologi dan pengembangan game.
Namun, penting juga untuk mengimbangi waktu bermain game dengan aktivitas fisik, belajar, dan interaksi sosial di dunia nyata untuk memastikan perkembangan yang seimbang.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX