Nasional

Gubernur Ganjar Pranowo Buka Pekan Paralimpik Pelajar Daerah, Diikuti 198 Atlet

Rabu, 24 Mei 2023 03.46

Gubernur Ganjar Pranowo Buka Pekan Paralimpik Pelajar Daerah, Diikuti 198 Atlet

Suara Purwokerto - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi membuks Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) dan meluncurkan maskot Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Jateng di Hotel Sahid Kusuma Solo, Selasa (23/5) malam. Turut hadir dalam upacara pembukasn Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Pesta olahraga disabilitas pelajar tersebut digelar di Solo, Selasa-Kamis (23-25/5).
Multieven tahunan yang diselenggarakan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng berkolaborasi dengan Disporapar Jateng tersebut, memperebutkan prestasi di empat cabang olahraga yakni atletik, renang, tenis meja dan bulutangkis.
Sekretaris NPCI Jateng, Prayitno mendampingi Ketua Umum Osrita Muslim mengatakan persaingan pada cabang olahraga atletik paling dominan, karena paling banyak pesertanya.
"Cabang atletik, jumlah pesertanya paling banyak. Berdasarkan data pendaftaran, tercatat ada 134 atlet di cabang atletik,'' katanya.
Ia menambahkan, setelah atletik, cabang lain adalah renang 34 atlet, bulutangkis 18 atlet dan tenis meja 12 atlet.
Sesuai rencana, atletik digelar di Stadion Sriwedari, renang di kolam renang Tirtomoyo Manahan, bulutangkis di GOR Rahma dan tenis meja di GOR Dwi Bengawan.
"Secara keseluruhan, tercatat ada 350 atlet, pelatih dan ofisial yang mengikuti Peparda 2023 ini. Mereka berasal dari 29 kota/kabupaten di Jateng,'' tambahnya.
Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar Pranowo juga secara simbolis menyerahkan penghargaan dan tali asih kepada 64 atlet dan 33 pelatih dari Jateng yang meraih medali ASEAN Para Games (APG) Solo 2022. Selain itu tali asih tahap kedua diberikan kepada 22 atlet dan 9 pelatih Jateng pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua 2021.
"Saat ini juga tercatat 70 atlet dan 33 pelatih Jateng yang tergabung dalam pelatnas persiapan menuju APG Kamboja 2023," jelas Prayitno.
Sementara Suwondo ketua NPCI Kabupaten Banyumas mengatakan pihaknya memberangkatkan tujuh altetnya ke Peparpeda kali ini. Para Atlet tersebut adalah Najib Abdul Rohman, Regita Luthfi Patria Siwi dan Sholehah yang akan turun dalam cabor Atletik. Sementara Tabah Aryo Nugroho dan Dede Saefudin akan turun dalam Cabor Renang. Sedangkan Bagas Prasetyo turun dalam cabor bulutangkis dan Julungwangi Tri Pradika turun dalam cabor tenis meja.
"Mohon doanya agar mereka bisa berprestasi " harapnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX