Nasional

Dosen Farmasi UMP Terpilih Sebagai Sekjen Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional

Selasa, 17 Januari 2023 08.36

Suara Purwokerto -Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) apt. Susanti,, PhD terpilih menjadi Sekertaris Jendral Ikatan Ilmuan Indonesia Internasional (I 4). Susanti terpilih dengan afiliasi Cancer Research UK Beatson Institute, Inggris. 

Terpilihnya Susanti menjadi Sekertaris Jendral I-4 itu ditentukan dalam Musyawarah Internasional Luar Biasa pada, Sabtu 14 Januari 2023 kemarin. Acara ini dihadiri oleh ilmuwan Indonesia dari 28 negara yang tergabung sebagai anggota dari I-4.

Rangkaian acara berupa sesi keynote yang dibawakan oleh Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko dan Prof. Nizam Dirjen Dikti yang mewakili Mendikbudristek Nadiem Makarim.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai sekjen dan menjadi bagian dari pengurus inti dari I4 mendampingi Ibu ketua umum Dr. Sastia Prama Putri. Semoga ini bisa menjadi jalan bagi saya untuk terus berkontribusi memajukan kolaborasi riset dan inovasi di tanah air,” katanya saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Selasa (17/1/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, I-4 merupakan organiasi ilmuwan terbesar yang menjembatani kolaborasi international di Indonesia melalui pemberdayaan keluar-an ilmuwan diaspora di berbagai belahan Dunia.

Dijelaskan, I-4 ini juga memiliki tujuh wilayah, diantaranya yakni Amerika Serikat, Eropa & Inggris Raya, Timur Tengah dan Afrika, Asia Timur, Asia Tenggara, Indonesia, dan Australia.
 
“Visi dari I-4 adalah mensinergikan seluruh potensi dari ilmuwan-ilmuwan Indonesia di seluruh dunia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia,” pungkasnya.(nan)

Penulis: Nanna N

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX