Nasional

Tanamkan Jiwa Sosial, SDIT Nusawungu Gelar Kegiatan Jum'at Berbagi

Jumat, 21 Oktober 2022 13:51 WIB

Tanamkan Jiwa Sosial, SDIT Nusawungu Gelar Kegiatan Jum\'at Berbagi

Suara Purwokerto - SDIT Nusawungu mengadakan kegiatan Jum'at berbagi di desa Nusawungu Dusun Sariwungu RT 04 RW 04 Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Jumat (21/10/2022). Pembagian nasi box dan sembako dilaksanakan oleh perwakilan guru SDIT Nusawungu, siswa kelas 1 A dan 1 B yang berjumlah 29 anak, serta  perwakilan dari pengurus yayasan. 
Kepala sekolah SD IT Nusawungu, Kamidin, M.Pd mengatakan, kegiatan Jum'at berbagi kali ini diawali dengan kegiatan jalan sehat sambil membagikan 30 nasi boks di area pasar dan lingkungan sekitar SD IT Nusawungu. Perwakilan siswa kelas 1-4 yang membawa nasi boks memberikan kepada para pedagang dan pembeli di pasar, serta masyarakat di sepanjang jalan desa yang mereka lalui. 
"Anak-anak tampak begitu semangat dan ceria mengikuti kegiatan jalan sehat dan berbagi nasi boks kali ini," katanya 
Sesampainya di sekolah anak-anak istirahat sejenak sambil makan snack dari sekolah berupa arem-arem isi ayam dan susu kedelai hangat. Kemudian mereka melakukan sholat dhuha seperti hari-hari biasanya.
Mila Trisni Rahayani, S.Pd selaku kordinator bidang diniah mengatakan khusus siswa kelas satu, setelah shalat dhuha mereka bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan Jumat berbagi.
"Sebanyak enam belas paket sembako dibagikan kepada warga yang membutuhkan di lingkungan setempat. Paket sembako berisi minyak goreng, beras, gula pasir, teh, dan mie instan," katanya.
Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu siswa kelas 1 A yaitu Ananda Nevan Haidar Arifin Ramadahn dengan sasaran masyarakat sekitar. Kegiatan Jumat berbagi ini adalah salah satu program bulanan dari  bidang diniah atau BAZIS SDIT Nusawungu. 
"Sumber dana berasal dari infaq siswa yang dikumpulkan setiap hari Jum'at selama satu bulan. Selain berupa uang, orang tua siswa juga menyumbang barang berupa paket sembako," tambahnya.
Mila juga menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua siswa, yang telah menyisihkan rizqinya untuk kegiatan Jum'at berbagi ini. 
"Syukron katsiron wajazakumullaah khairan jaza, semoga Allah Swt membalas kebaikan Ayah dan Bunda semuanya," lanjutnya 
Kegiatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat dusun Sariwungu. Mereka mengucapkan terima kasih dan merasa sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Sebagai perwakilan dari masyarakat sekitar, Bunda Nevan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah.
"Alhamdulillah  acara Jum'at Berbagi lancar, terima kasih  untuk SDIT, semoga bermanfaat untuk yang mendapatkan sembako. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ayah Bunda yang telah menyisihkan rejekinya. Semoga berkah barokah, aamiin" kata Bunda Nevan.
Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin di bulan berikutnya dengan sasaran masyarakat di sekitar tempat tinggal siswa khususnya, dan kabupaten Cilacap-Banyumas-Kebumen pada umumnya. Dengan melibatkan siswa pada kegiatan ini, harapannya mereka akan memiliki rasa peduli terhadap sesama dan senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki sekarang

Penulis: Rochayati

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc