Nasional

KKN UIN Saizu Purwokerto, Dampingi Lebih dari 60 Produk Hingga Produksi Ratusan Artikel

Rabu, 07 September 2022 20:53 WIB

KKN UIN Saizu Purwokerto, Dampingi Lebih dari 60 Produk Hingga Produksi Ratusan Artikel

Suara Purwokerto - Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto sukses menggelar kuliah kerja nyata (KKN) angkatan ke-50. 
"Alhamdulillah kami laporkan, mahasiswa KKN ke-50 berhasil melakukan pendampingan lebih dari 61 produk potensi desa. Juga melahirkan ratusan artikel pengabdian," kata Kepala Pusat Pengabdian, LPPM UIN Saizu Purwokerto, Mawi Khusni Albar. 
Mawi menyampaikan itu dalam diskusi terbatas, Selasa (7/9/2022). Fokus KKN UIN Saizu, kata Mawi,  memang fokus pada potensi desa. Mulai wisata, budaya hingga produk UMKM. 
"Semua kegiatan KKN harus didasari pada ruh utama UIN Saizu, 'Kampel Mas' atau Kampus Peduli Masyarakat. Jadi, civitas akdemika benar-benar hadir membersamai masyarakat," imbuh Mawi lagi. 
Untuk diketahui, KKN angatan 50 tersebar di 4 (empat) kabupaten 'panginyongan'. Brebes, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Banyumas. Sebanyak 1.900 mahasiswa UIN Saizu Purwokerto 'menyerbu' hampir 200 desa. 
Rekor UIN Saizu, Moh Roqib juga mengapresiasi ratusan artikel pengabdian produk KKN. Menurutnya, mahasiswa dan dosen juga bisa mengabdi secara intelektual. Mahasiswa menulis dan dosen terbuka peluang melakukan kajian dan penelitian lanjutan.
"KKN menempa mahasiswa dan dosen untuk hadir di tengah masyarakat dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Dan seperti kita tahu, tridharma perguruan tinggi adalah bukti keberadaan kampus termasuk UIN Saizu," paparnya. 
Roqib juga meyakini bahwa mahasiswa UIN Saizu sudah punya bekal sosiologis sehingga bisa membaur dengan masyarakat. Mengingat, mayoritas mahasiswa berasal dari wilayah Panginyongan dan menengah ke bawah. 
"Survei menunjukkan, bahwa KKN UIN Saizu lebih diterima masyarakat. Bekal sosiologis inilah yang menjadikan manfaat lebih terasa dan mahasiswa bisa belajar banyak dari masyarakat juga," imbuh Roqib.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc