Nasional

1.235 Pelajar Beprestasi Ikuti Kompetisi Sains Nasional SMA/ MA Tingkat Jateng

Sabtu, 11 September 2021 18.54

1.235 Pelajar Beprestasi Ikuti Kompetisi Sains Nasional SMA/ MA Tingkat Jateng

Suara Purwokerto - SEMARANG – Sebanyak 1.235 akan meramaikan Kompetisi Sains Nasional Provinsi (KSN-P) SMA/MA tingkat Jateng. Penyelenggaraannya dilakukan secara daring pada 13 September-16 September 2021.
Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jateng Syamsudin Isnaini mengatakan, KSN-P SMA/MA akan diikuti 1.235 peserta didik. KSN-P akan memperlombakan sembilan bidang sains.
Rinciannya, Matematika 126 siswa, Fisika 141 siswa, Biologi 137 siswa, Kimia 120 siswa, Informatika 126 siswa, Astronomi 140 siswa, Ekonomi 158 siswa, Geografi 145 siswa, dan Kebumian 142 siswa.
“Berkaca pada jumlah peserta KSN tingkat provinsi yang telah ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Jawa Tengah termasuk dalam tiga besar, dengan kepesertaan terbanyak dalam skala nasional,” kata Syamsudin dalam sambutannya pada pembukaan KSN-P, melalui siaran virtual, Jumat (10/9/2021).
Adapun provinsi terbanyak itu di antaranya Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Dalam KSN nasional yang akan diselenggarakan pada 25-30 Oktober 2021, Jawa Tengah menetapkan target berupa perbaikan peringkat nasional. Yang mana, sebelumnya ada di peringkat 5 nasional, bisa jadi juara umum.
“Setidaknya mampu menjadi tiga besar (peringkat nasional). Mudah-mudahan,” harapnya.
Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Yuni Astuti, mengapresesiasi prestasi para peserta. Mereka telah berhasil mewakili kabupaten/ kotanya.
“Saya yakin bahwa keterpilihan anak-anakku kalian semua ini adalah buah dari kerja keras, ketekunan belajar dari yang lainnya. Dan tentunya berkat bimbingan para guru, restu orang tua, serta orang-orang yang sangat mengasihi kalian semua,” katanya.
Gubernur meminta peserta memanfaatkan momen dengan sebaik mungkin, untuk meraih prestasi yang lebih baik pada jenjang yang lebih tinggi. Muaranya, siswa terbaik ini akan muncul di tingkat nasional hingga di tingkat internasional.
“Itulah kebanggaan yang patut kita syukuri bersama,” ujarnya. (Sumber : Ak/Ul, Diskominfo Jateng

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX