Nasional

Kampus UNS Kebumen Ditarget Beroperasi Tahun Depan

Senin, 28 September 2020 19.57

Kampus UNS Kebumen Ditarget Beroperasi Tahun Depan

Suara Purwokerto - KEBUMEN – Universitas Sebelas Maret (UNS) menargetkan pada Tahun Akademik 2021 mendatang, kampusnya yang berlokasi di bekas gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebumen, dapat beroperasi dan menerima mahasiswa baru.
Hal tersebut mengemuka saat kunjungan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, dalam rangka membahas tindak lanjut kerja sama rencana sekolah vokasi UNS di Kebumen, di Ruang Arungbinang Kompleks Pendapa Bupati Kebumen, Sabtu (26/9/2020)
Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Kuncoro Diharjo, pihaknya berkeinginan tahun ajaran baru mendatang, Kampus UNS Kebumen sudah beroperasi.
“Kami berharap, mulai tahun ajaran baru 2021 sudah ada perkuliahan,” katanya.
Kuncoro mengungkapkan, pembukaan sekolah vokasi ini, merupakan bagian dari rencana untuk meningkatkan status UNS di Kebumen, yang saat ini baru membuka program studi (Prodi) PGSD menjadi Kampus UNS Kebumen, karena sudah multiprodi.
“Apabila statusnya sudah menjadi UNS Kebumen, ke depan kami akan merekrut dosen tetap yang berdomisili di Kebumen, tidak menggunakan dosen di Solo,” imbuh Kuncoro.
Dengan adanya Kampus UNS Kebumen, pihaknya mengajak perguruan tinggi (PT) lainnya di Kebumen untuk bersama-sama. memajukan Kebumen.
Bupati KH Yazid Mahfudz dalam sambutannya menyampaikan harapan, dengan hadirnya UNS Kebumen akan membawa manfaat untuk meningkatkan SDM masyarakat Kabupaten Kebumen.
“Kondisi SDM di Kebumen belum cukup baik. Angka pengangguran masih cukup tinggi, 80 persen tamatan SMP dan SMA. Ini menjadi beban pemerintah daerah,” kata Yazid Mahfudz.
Terkait aset daerah bekas RSUD yang akan menjadi Kampus UNS, Yazid mengatakan, saat ini kondisinya semakin rusak. Selain itu, aset tersebut juga selalu menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena belum dimanfaatkan.
“Alangkah baiknya tempat itu dimanfaatkan untuk pendidikan dalam upaya membangun SDM Kebumen,” pungkasnya.

Penulis: Tim Kominfo Kebumen

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX