Nasional

Pemkab Banyumas Raih SAKIP Award 2018

Rabu, 20 Februari 2019 11:05 WIB

Suara Purwokerto  - Pemkab Banyumas meraih predikat BB dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP Award) tahun 2018. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin kepada Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein di Makassar, Selasa (19/02). 

Tahun lalu Kabupaten Banyumas meraih penghargaan serupa dengan nilai B atau meningkat satu level. Tahun ini ada empat kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah yang meraih nilai BB, yakni Kabupaten Banyumas, Cilacap, Wonogiri, dan Kota Pekalongan. 

Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB, M Yusuf Ateh, mengatakan, predikat AA diberikan kepada pemerintah daerah yang meraih nilai 90-100, adapun predikat A (80-90), predikat BB (70-80), predikat B (60-70), predikat Cct (50-60), predikat C (40-50), dan predikat D (kurang dari 30).

Dari 186 pemerintah daerah di wilayah III, nilai tertinggi diraih Pemprov DI Yogyakarta dengan predikat AA. Peringkat di bawahnya dengan predikat A diraih oleh
Kabupaten Kulonprogo, Bantul, Sleman (ketiganya di DIY), dan   Pemprov Jateng.

Selain itu, ada sembilan kabupaten/kota yang meraih predikat BB. Kesembilan daerah tersebut adalah Kabupaten Banyumas (Jateng), kabupaten Wonogiri (Jateng), Kabupaten Cilacap (Jateng), Kota Pekalongan (Jateng),  Kabupaten Gunungkidul (DIY), Kota Yogyakarta (DIY), Kabupaten Bone Bolango (Sulsel), Kota Manado (Sulut) serta Kabupaten Banggai (Sulteng).

Dari tahun ke tahun, predikat Kabupaten Banyumas secara bertahap mengalami peningkatan. 

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih. Betapapun, pencapaian prestasi ini adalah berkat kerja keras seluruh aparat di jajaran Pemkab Banyumas," kata Bupati Ir H Achmad Husein. (*)

Penulis: Saefudin

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 31aJ0MuO18PZM3MdYoDSu