Hiburan

1.170 Pelari Bakal Ramaikan "Biketourrundance"

Jumat, 14 Desember 2018 23:37 WIB

1.170 Pelari Bakal Ramaikan \"Biketourrundance\"

Suara Purwokerto - Sedikitnya 1.170 pelari dari berbagai daerah di Indonesia meramaikan ajang "Biketourrundance" yang digelar 14-16 Desember 2018. Peserta terjauh berasal dari Republik Kenya, Afrika.
Koordinator Biketourrundance, Guno Purtopo mengatakan, sebelum lari lintas alam digelar Minggu (16/12), rangkaian event wisata yang mengolaborasikan budaya, olah raga alam bebas, ekonomi kreatif dan seni ini dibuka dengan pementasan Sendratari "Tragedi Setu Paing" di Teater Alam Bukit Bintang, Baturraden, Banyumas, Jumat (14/12) serta hiburan musik dari musisi Purwokerto. Pada hari yang sama, seluruh peserta melakukan registrasi. 
"Hari pertama, saat registrasi peserta yang datang dari berbagai daerah dan negara akan dihibur pementasan musik dan cerita tentang proses berdirinya Kabupaten Banyumas. Pentas ini dibagi dua babak. Untuk cerita klimaks dipentaskan Sabtu (15/12). Kami undang koreografer tari Otniel Tasman yang sudah melanglang buana hingga ke luar negeri," kata dia, Kamis (13/12).. Guno mengtakan, giliran komunitas Safari VW Wisata yang beraksi pada hari kedua ajang garapan Pemkab Banyumas ini. Mereka melakukan tur bersama pegiat Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dengan kendaraan klasik diberangkatkan dari Pendapa Kabupaten Si Panji Purwokerto menuju ke sentra Batik Papringan di Kecamatan Banyumas, Kota Lama Banyumas, getuk goreng di Sokaraja dan berakhir di Camp Area Umbul Bengkok (CAUB) Desa Wisata Karangsalam, Kecamatan Baturraden.
WaPeserta tur VW ini berkemah, menikmati pemandangan alam di desa wisata kreatif dan menyaksikan pementasan sendratari di Bukit Bintang Baturraden. Pada hari yang sama, 235 pesepeda dari berbagai daerah akan menyusuri rute Bukit Bintang-Gerbang Mandalawisata-Kutayasa-Limpakuwus-Bukit Bintang dengan jarak sejauh 15 kilometer. Sepanjang jalan peserta juga dikenalkan dengan sejumlah destinasi wisata dan kawasan kerajinan masyarakat di Kecamatan Baturraden.

"Untuk pendaftaran sepeda santai ini masih dibuka hingga Sabtu (15/12) di lokasi acara," tambahnya.

Rangkaian kegiatan ditutup kegiatan lari dengan melewati sejumlah rute yaitu Bukit Bintang-Wanawisata Baturraden-Baturraden Adventure Forest-Telaga Sunyi-Hutan Pinus Limpakuwus-Kebun Raya Baturraden dan kembali ke Bukit Bintang. 

Tim kreatif Biketourrundance, Prayitno mengatakan, kegiatan yang mengangkat tema "Spirit of Slamet" ini diharapkan menjadi lompatan serta salah satu ikon atraksi wisata yang digelar setiap tahun. 

"Kami mencoba metode baru dengan menggabungkan sport tourism, seni budaya serta memunculkan seni kreatif Banyumas," katanya.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Selasa, 27 Agustus 2019 06:06 WIB

Tim SMP GUNJAT 1 Tampil Menawan

Senin, 19 Maret 2018 15:23 WIB

Album Bingkai Nusantara Sukses Diluncurkan

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: | Build ID: 8nX9q6XEmiVu81vLSM2jq