Budaya

Menyemarakan Kemerdekaan, Banyumas Tampilkan 7 Pertunjukan Dalang Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 07.06

Suara Purwokerto -Bupati Banyumas Ir Achmad Husein didampingi ketua tim penggerak PKK Ny Erna Husein datangi Pendopo Duplikat Sipanji Kecamatan Banyumas guna melihat pertunjukan wayang yang digelar oleh Dinporabudpar dalam rangka menyemarakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Kamis (11/8/2022).

Hal menarik dalam pertunjukan wayang yang digelar kali ini adalah pemilihan dhalang muda untuk mementaskan pagelaran wayang kulit Gagrag Banyumas. Dipilihnya 7 dhalang muda dalam pentas kali ini, tak hanya sebagai upaya melestarikan budaya. Tetapi memiliki makna untuk menunjungan kepada masyarakat bahwa untuk menjadi dalang tak berpatokan pada usia tertentu.

Salah satu dhalang muda yang turut tampil, Ni Nabila Nurul Amalia mengaku senang untuk mendalami dunia pewayangan. Ia berkata sudah mendalamai dhalang sejak tahun 2019 silam.

‘’Belajar dari bapak awalnya, karena bapak juga ndalang," terangnya.

Dalam sambutannya Husein mengaku senang Banyumas memiliki dhalang-dhalang muda yang memiliki talenta luar biasa karena mampu membawa cerita dengan baik sekaligus melestarikan budaya.

‘’Sing penting, nek teyeng wayange nganggo bahasa ngapak men nguri-nguri bahanase dewek juga,’’ pesan Husein.

Dalam pertunjukan tersebut, 7 dhalang muda yang tampil ialah Ni Afifah Mawarsari, Ni Nabila Nurul Amalia, Ni Hasna Imarotun Nahdliyah, Ki Panji Laksini, Ki Candra Widyasmoro, Ki Rusli Kuncoro dan Ki Asghad Darul Ulum.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX