Budaya

Peringati Hari Anak, FISIP Unsoed Gelar Lomba Baca Cerita Anak

Selasa, 26 Juli 2022 21.09

Peringati Hari Anak, FISIP Unsoed Gelar Lomba Baca Cerita Anak

Suara Purwokerto - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Jurusan Sosiologi FISIP UNSOED menggelar ‘Lomba Baca Cerita Anak’  dan ‘Launching 12 Buku Cerita Anak Karya Siswa SD’, pada Minggu (24/7) di auditorium Fakultas.
Peserta lomba adalah siswa-siswa sekolah dasar dari 6 Kabupaten di Jawa Tengah yaitu Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Tegal, Banjarnegara dan Kebumen.  Acara dibuka langsung oleh Dekan FISIP Unsoed, Dr. Wayhuningrat, M.Si.
Ketua panitia lomba, Nanang Martono, Ph.D, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan lomba ini merupakan puncak kegiatan pelatihan penulisan buku cerita anak yang  dilakukan timnya selama tahun 2021.
“Dari hasil pelatihan, Alhamdulillah telah menghasilkan 12 buku ceita anak yang ditulis oleh siswa-siswa sekolah dasar di 6 kabupaten yang berbeda”, jelas Nanang.
Enam sekolah dasar tersebut antara lain, SD 2 Danawarih Tegal, SDN 2 Penolih Purbalingga, SDN 2 Cidora Lumbir Banyumas, SDN 3 Lebakwangi Banjarnegara, SDN Tambaksari 7 Cilacap, SDN 3 Logandu Kebumen.
“Dari enam sekolah dasar itu, kami berhasil melatih sebanyak 208 siswa”, jelas Nanang.
Sementara itu, dalam lomba cerita anak, setiap peserta terpilih dari perwakilan SD di atas, diberikan kesempatan untuk membaca cerita yang telah mereka tulis.  Mereka bercerita dengan berbagai ekspresi yang membuat hadirin dan dewan juri terpukau.
Ada 18 cerita yang dibacakan, baik cerita lucu, sedih dan cerita pengalaman para siswa yang telah mereka tuangkan dalam buku. Acara berlangsung meriah dari pagi hingga sore hari.
Setelah melalui penilaian dewan juri, tampil sebagai juara 1 adalah Abdul Basith dari SDN Penolih 2 Purbalingga; juara 2 adalah Quinsha Naiz Milani dari SDN Tambaksari 7 Cilacap serta juara 3 diraih oleh Nita Aqila dari SDN Lebakwangi 3 Banjarenagara.
Ketua Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed, dalam sambutan penyerahan dan penutupan lomba mengapresiasi kegiatan ini, baik untuk pihak sekolah, siswa maupun panitia.
”Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dan tentunya memberikan motivasi bagi adik-adik siswa SD agar terus meraih prestasi. Jadi, kegiatan-kegiatan semacam ini, akan terus kami upayakan ke depannya,”pungkasnya

Penulis: Zakiyah Khoirunisa

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX