Budaya

Pria Wajib Tahu, Inilah 5 Tips dalam Memilih Alas Kaki

Senin, 15 November 2021 17.21

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dengan-jaket-kulit-hitam-dan-jeans-denim-hitam-duduk-di-tanah-5214139/

Suara Purwokerto - Tips dalam Memilih Alas Kaki

Setiap orang memiliki jenis dan struktur kaki yang berbeda. Ada yang sensitif dengan kelembaban sehingga harus memilih bahan yang tepat. Ada pula orang yang mempunyai jenis kaki yang panjang dan ramping. Maka jangan membeli sepatu yang terlalu pendek agar jari kaki tidak terlipat.
Nah, berikut 5 tips dan trik saat akan membeli alas kaki.
1. Pastikan Ukurannya Pas 

Ukuran kaki akan terus berubah seiring bertambahnya usia. Selain itu, ukuran sepatu di beberapa negara juga berbeda satuan ukurannya. Jadi, jangan hanya berpatokan dengan ukuran sepatu yang pernah dibeli sebelumnya.

Anda dapat mengukur kaki secara langsung dengan menggunakan penggaris atau meteran khusus. Apabila Anda membeli alas kaki secara online dan tokonya berasal dari luar negeri, sebaiknya baca dan teliti dengan saksama ukuran sepatu yang dicantumkan.

Sayang sekali jika sepatu atau sandal yang Anda beli ternyata tidak pas ukurannya, sebab dapat menyiksa kaki Anda.
2. Pilih Sol yang Aman untuk Sendi

Bagian sol alas kaki juga merupakan salah satu bagian yang cukup mempengaruhi posisi kaki dan sendi-sendi yang melindunginya. Saat berjalan, kaki menopang berat  beban tubuh, maka ada energi yang diterima dan harus dilepas oleh sendi kaki.

Apabila sol sepatu terlalu keras, sendi tidak mampu melepas kekuatan balik dengan sempurna. Begitu pun sebaliknya, jika sol sepatu/sandal terlalu lembut. Oleh karena itu, pilihlah alas kaki yang dapat membantu sendi kaki untuk meredam beban dan melepas kekuatan balik dengan baik.
3. Sesuaikan dengan Tujuan Pemakaian

Hal penting lainnya dalam 5 tips memilih alas kaki menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Tentunya sepatu untuk berolahraga berbeda dengan yang dipakai untuk berjalan atau sekadar fashion. Mulai dari desainnya, jenis bahan dan sol, sampai pemilihan warna harus sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Ada baiknya Anda memilih warna yang netral agar dapat dipasangkan dengan pakaian yang sedang Anda kenakan.
4. Belilah Alas Kaki di Sore atau Malam Hari

Waktu pembelian alas kaki sebaiknya juga dilakukan pada sore hari atau di waktu malam. Hal ini disebabkan saat pagi hingga sore ukuran kaki akan sedikit membesar karena digunakan beraktivitas.

Jika Anda membeli sepatu secara daring, maka ukur kaki di waktu sorenya atau malam. Jangan sampai sepatu atau sandal yang dibeli kekecilan. Anggapan sepatu makin lama makin longgar juga tidak sepenuhnya benar. Alas kaki harusnya nyaman sejak pertama kali dipakai.
5. Perhatian Bahan dan Pola

Nah, tips terakhir ini merupakan yang paling seru. Kenapa? Karena pemilihan bahan atau pola juga harus menyesuaikan kebutuhan dan kondisi kaki kita. Bayangkan apabila Anda harus memakai sepatu kulit saat harus berjalan di tengah padang pasir? Atau memakai sepatu kain ketika harus menyeberangi sungai di tengah hutan?

Bayangkan pula ketika Anda memakai alas kaki semi sandal dengan pola polkadot di saat harus memakai jas ke acara resmi, atau memakai slop ketika melalui jalan yang licin. Jadi, ada baiknya pemilihan alas kaki harus disesuaikan akan dipakai kemana, dipasangkan dengan baju apa, dan dalam kondisi bagaimana. Sehingga Anda tidak mati gaya juga tidak terkesan buta mode hanya karena perkara salah memilih sandal atau sepatu. 
   
Belanja Sepatu Online atau Offline?

Setelah kita mengetahui tips dan cara dalam memilih sandal pria, sekarang Anda mau belanja di mana? Mau secara daring atau luring? Tentu ini kembali pada kebutuhan kita, apalagi di masa seperti sekarang, di mana aktivitas lebih sering dilakukan di dalam rumah.

Meskipun membeli sepatu secara langsung lebih memuaskan, bukan berarti jajan alas kaki secara online itu tidak menjanjikan.

Saat ini Anda dapat menemukan berbagai jenis alas kaki berupa sandal, sepatu ataupun semi sandal di toko online terbaik dan terpercaya seperti Blibli.com. Pasar elektronik ini telah bekerja sama dengan 100.000 mitra dengan berbagai macam merk terkemuka.

Berbagai fitur yang disediakan sangatlah memudahkan Anda dalam bertransaksi dengan aman, nyaman dan mengasyikkan. 

Anda hanya perlu memilih sepatu sesuai keinginan dan kebutuhan, kemudian melakukan pembayaran dengan banyak metode sesuai kenyamanan Anda, sebab Blibli merupakan toko yang mengedepankan konsumen. Belum lagi fitur gratis biaya pengiriman yang tentunya menjadikan pengalaman berbelanja Anda semakin menarik.

Anda dapat berbelanja dari kota mana pun dan mengirimkannya kemana saja di seluruh kota di Indonesia dan juga luar negeri.

Jangan lupa untuk mencoba tips memilih alas kaki di atas saat Anda menemukan  model sepatu dengan kualitas bahan dan warna yang menarik hati. Blibli bisa Anda akses melalui aplikasi secara mobile maupun pada websitenya dari komputer atau laptop Anda. Selamat berbelanja!

Penulis: Rel

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX