Budaya

Grup Ebeg "Genta Turangga Wasesa" Klinting Somagede Diresmikan

Sabtu, 26 Juni 2021 08:43 WIB

Grup Ebeg \"Genta Turangga Wasesa\" Klinting Somagede Diresmikan

Suara Purwokerto - Grup Kuda Lumping atau Jaran Kepang atau Ebeg Banyumasan dengan nama "Genta Turangga Wasesa" dan Grup Karawitan "Wijaya Laras" pimpinan Edy Sumarno telah resmi berdiri Senin (21/6/2021) di Grumbul Karangpucung RT05 RW02, Desa Klinting, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Mengingat dalam suasana pandemi Covid-19 yang terus merajalela kegiatan digelar secara sederhana.
Dikutip dari Facebook Genta Sentramas, Ebeg "Genta Turangga Wasesa" dan Karawitan "Wijaya Laras" ini merupakan grup afiliasi Genta Sentramas Baraya yang pertama untuk wilayah Baraya (Banyumas Raya). Atas kerjasama dan seizin organisasi induknya di Bandung, grup ini boleh memakai nama "Genta". Dimana Genta Sentramas Baraya berperanan dan berkoordinasi secara intent dalam pembentukan dan pembinaannya.
Ebeg pimpinan Edy ini memakai Gaya Banyumasan kombinasi dengan ciri khas Ebeg yang terdapat di wilayah Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan Cilacap serta meramu dan memodifikasi dengan menambah lebih banyak koreografi tariannya.
Sebagian besar penari dan pangrawit-nya adalah remaja, para siswa dan eks siswa SMKN-3 (Dulu SMKI Sendang Mas) Banyumas. Boleh dibilang Ebeg Milenial. Kreasi dan kecerdasan Saudara Edy ini patut diacungin jempol, telah memberikan ruang yang aplikatif bagi para seniman muda untuk berkiprah langsung di tengah masyarakat dan mempraktekan hasil menimba ilmu di sekolah seni selama ini.
Selain didukung oleh perkumpulan induknya, launching Ebeg Genta Turangga Wasesa dan Karawitan Wijaya Laras didukung pula oleh Camat Kemranjen Dwi Irawan Sukma, Radio Budaya ‘Raka FM’ Purbalingga pimpinan Sartono (Kaki Kalong), Kepala Desa Klinting Sudir, Carik Desa Klinting Fajrin Hana Pratomo, serta disengkuyung oleh Paguyuban Kuda Kepang "Sekar Mitra Budaya" Bandung pimpinan Riyadi, ‘Ikan Bakar Banyumas Jl.Cikutra Kota Bandung’ owner Sdr. Wasim, Grup Karawitan ‘Widiro Laras’, dan Sanggar Seni ‘Padang Bulan’ Desa Widara Payung Wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.
Acara syukuran dan gebyag wiwitan dihadiri oleh para penggiat kesenian Banyumasan, pemerhati budaya, kawula muda penggemar Ebeg, juga dhalang muda Ogi Titis Sabdho Cerito beserta anggota.
Grup Ebeg ‘Genta Turangga Wasesa’ yang mengemban Visi-Misi  ‘Urip-Uri’ Seni Budaya Banyumasan ini pantas mendapat apresiasi dan dukungan agar berkembang dan menjadi sarana kreatifitas milenial di bidang kesenian tradisional.
Sumber & Photo : Edy Sumarno, Ketua Grup Ebeg GTW, Sarman, Jayenk.       

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Senin, 07 September 2020 18:49 WIB

Sambut Pilkada, Lesbumi Purbalingga Gelar Seni

Kamis, 22 Juni 2017 21:32 WIB

Pemudik Dihibur Kesenian Banyumas

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk