Budaya

Genta Sentramas Baraya Gelar Raker di Aula FISIP UNPAD Bandung

Rabu, 08 Januari 2020 21:21 WIB

Suara Purwokerto -Rapat Kerja Tahun 2020 sebagai amanat AD/ART Perkumpulan Genta Sentramas Baraya (Gerakan Cinta  Seni Tradisional Banyumasan Bandung Raya  ) dapat dilaksanakan oleh pengurus pada hari Minggu, 5 Januari 2020 bertempat di Aula Fisip Unpad, Jl. Bukit Dago Utara No.25 Kota Bandung.

Pelaksanaan Raker kali ini sedikit berbeda karena dua Raker di laksanakan pada hari yang sama. Raker ke-II yang sedianya dilaksanakan pada bulan Januari 2019 tidak dapat terlaksana sehubungan padatnya kegiatan Perkumpulan dan paguyuban-paguyuban untuk pembenahan lembaga masing-masing.

Kondisi ini telah dikonsultasikan kepada Dewan Pengawas; demi efektifitas diizinkan dilaksanakan sekalian bersamaan Raker berikutnya, namun harus pada kesempatan pertama di awal tahun. Hal ini tidak bertentangan dengan AD/ART, justru apabila Raker tidak dilaksanakan akan menyalahi amanat AD/ART.

Praktis Raker ke-II tinggal meng-evaluasi hasil kerja tahun anggaran 2019, yang merupakan kopi paste rencana kerja tahun 2018.
Bahkan pada hari pelaksanaan Raker kali ini pun, beberapa paguyuban masih melaksanakan pesta demokrasi pemilihan pengurus.

Walaupun rencana kerja tahun 2019 tidak terpenuhi 100%, namun beberapa prestasi besar justru dapat diraih, diantarannya ; Gelar Budaya pada Bulan Maret 2019 telah mampu mengkolaborasikan Perkumpulan Genta Sentramas Baraya dengan Pepadi Pusat, Pemkot Cimahi dan Paguyuban Pamannjawi. Pesta besar ini tidak mungkin dapat terselenggara tanpa kordinasi dan mobilisasi yang baik.

Sebagai penutup tahun 2019 juga telah dilakukan Safari Budaya dalam rangka melakukan penjajagan kerjasama antar lembaga, yaitu: IAIN Purwokerto, TWP Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Padepokan Keris Buwana Aji Kalingga Banyumas, Mranggi Purbalingga dan Paguyuban Songsong Agung Bawono Langgeng Maos Cilacap.

Sedang Rapat Kerja Ke-III dilaksanakan berturut-turut sesudah Raker Ke-II selesai dan mendapat persetujuan peserta rapat secara aklamasi.

Pada Pembukaan Acara Raker, Ketua Umum Genta Sentramas Baraya Sutarno AJS mengharapkam  kontribusi dari paguyuban/komunitas terafiliasi lebih besar dan nyata, karena berdirinya Genta Sentramas juga atas inisiatip dan ikrar paguyuban/komuniras Banyumasan di Bandung Raya.
Ketua Umum berharap Raker dapat menghasilkan keputusan-keputusan realistis yang segera dapat ditindak lanjuti.

Sedangkan Ketua DKP (Dewan Kehormatan & Pengawas) Mudibyo WHS, S.AP,MM selain mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Wakil Walikota Cimahi Letkol.Inf.Pur,Ngatiyana selaku Pembina Harian merangkap Wakil Ketua Dewan Kehormatan, Ketua Umum Pamannjawi DR.Ir.Sukiman Sumarto, MSc., Sekretaris DKP DR.Ruruh Saryoto, S.Kar,M.Hum, Ketua Umum Sutarno AJS beserta jajaran kepengurusan, Para Ketua Paguyuban/Komunitas Afiliasi, dan Tamu Undangan yang telah hadir, menyampaikan bahwa Raker adalah amanat AD/ART yang wajib dilaksanakan dan tidak boleh ditiadakan. Apabila pelaksanaan Raker II & III digabung tidaklah menjadi masalah karena alasanya logis apalagi pengaturan pelaksanaannya tidak tercantum seara rinci dalam AD/ART.
Genta Sentramas memerlukan SDM yang visioner, kreatif dan mau sharing.
Masalah utama perkumpulan yang sedang dihadapi adalah belum adanya Kantor Sekretariat tetap yang dapat dipergunakan bersama oleh pengurus Genta Sentramas dan paguyuban-paguyuban untuk latihan, rapat/musyawarah, pertunjukan dan kegiatan organisasi lainnya. Genta Sentramas Baraya juga memerlukan seperangkat Gamelan lengkap untuk latihan bersama dan pagelaran sekaligus. Dalam bidang pendanaan kegiatan harus dicarikan sumber-sumber lain di luar iuran wajib karena dana iuran wajib terlalu kecil dan hanya untuk operasional rutin bukan membiayai sarpras, diklat, gelar budaya, dll.

Ketua Umum Pamannjawi DR.Ir.Sukiman Sumarto, M.Sc. selaku mitra, pada sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Genta Sentramas Baraya yang secara konsisten telah berhasil menjalin kerjasama pada setiap kegiatan pagelaran kesenian.
Raker bertugas mengevaluasi dan menyusun planning tahunan. Rencana yang bagus merupakan modal keberhasilan. Pamannjawi berharap penguatan organisasi yang utama sebaiknya datang dari dalam, karena pada kenyataannya; secara vertikal pemerintah belum mampu merespon kebutuhan organisasi penggiat budaya secara nyata.

Di Bandung Raya terdapat dua organisasi besar di bidang seni-budaya tradisional yaitu wilayah selatan HBJKB di Kabupaten Bandung dan wilayah utara Genta Sentramas Baraya melingkupi Kota Bandung, Cimahi dan Bandung Barat. Sementara Paguyuban Pamannjawi mengambil peran sebagai penghubung dan mensuport setiap kegiatan bersama.
Pamannjawi berjanji akan memberi perhatian dan respons kepada setiap kegiatan seni-budaya di Bandung Raya, agar ‘Sukses Tanpa Ekses’.

Wakil Walikota Cimahi Letkol Inf.Pur. Ngatiyana selaku Pembina Harian yang juga menjabat selaku Wakil DKP Genta Sentramas pada sambutannya menyampaikan bahwa: “Raker adalah sarana evaluasi kinerja pengurus yang lalu dan membuat rencana kerja yang akan datang. Sedang paguyuban-paguyuban pada umumnya adalah bekerja dalam bidang sosial masyarakat yang anggaran dananya tidak tetap bahkan kurang jelas sumbernya, beda dengan pemerintah yang semua kegiatan ada pagu Anggarannya baik dari APBN maupun APBD. Maka untuk itu pandai-pandai-lah mencari sumber dana yang dapat mendukung kegiatan. Silaturahmi dan sinkronisasi antara pengurus dengan paguyuban-paguyuban terafiliasi harus saling komunikasi dan kordinasi secara intent. Sedangkan Pamannjawi sebagai Paguyuban mitra akan memberi support, namun karena Genta Sentramas Baraya mempunyai AD/ART maka dalam bertindak tidak boleh keluar dari koridor rambu-rambu yang ada, dan pengurus harus solid. Benahi hal-hal yang sekiranya akan menjadi kendala kepengurusan. Tempatkan personel pengurus sesuai keahliannya”.

“Saya tahu, Genta sentramas kalau sudah turun, semuanya akan saling bekerjasama”
“Dalam hal pengadaan sarana gedung sekretariat, untuk wilayah barat khususnya Cimahi akan saya carikan yang memadai, namun paguyuban-baguyuban harus aktip memberi masukan, kerjasama secara nyata dengan Pengurus agar Perkumpulan Genta Sentramas Baraya dapat berjalan baik sesuai harapan” sambung Ngatiyana.

Selanjutnya mengahiri sambutan, Ngatiana selaku Pembina Harian menyatakan Membuka secara resmi Rapat Kerja II & III Genta Sentramas Baraya Tahun 2020.

Untuk memperlancar roundown Acara Raker, Ketua Umum dibantu Kabag Humas Ganang Partho sebagai Moderator.
Pada kesempatan jeda antara Raker II ke Raker III Pengurus memberikan Piagam Penghargaan sebagai Anggota Genta Sentramas Teladan kepada Edy Sumarno dari Kota Banyumas Lama.Secara umum pelaksanaan Raker II & III berjalan sukses.

Penulis: Kang Mul

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.16.1 | Build ID: pmCtWOYYre0vWgHzLSP_f