Lingkar Banyumas

Forda Jateng 2024, Digelar Mulai Hari Ini di GOR Purwokerto dan sekitarnya

Jumat, 5 Juli 2024 19.37

Forda Jateng 2024, Digelar Mulai Hari Ini di GOR Purwokerto dan sekitarnya

Suara Purwokerto - Sepuluh ribu orang diperkirakan akan hadir di Gor Satria Purwokerto dan sekitarnya, pada Jumat – Minggu ( 5-7/7/2024) untuk mengikuti Festival Olahraga Daerah (Forda) Jawa Tengah 2024. Mereka ini berasal dari para atlet, dan official  dari 35 Kabupaten dan kota di Jateng.
Kabid Olahraga Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Eko Purwanto, mengatakan Forda merupakan ajang tahunan, yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Jateng yang mempertandingkan olahraga tradisional dan rekreasi diluar induk olahraga yang berada di bawah Koni.
Ada 38 jenis induk olahraga (Inorga) yang akan dipertandingkan dalam Forda di Banyumas, seperti panahan tradisional, ketapel dan lainnya. Dengan tempat pelaksanaan selain di Gor Satria Purwokerto, akan dilaksanakan di SMAN 1 Purwokerto, Unsoed dan juga sejumlah tempat lainnya di Purwokerto.
Sebagai tuan rumah pihaknya sudah melakukan persiapan, mulai tempat lokasi dilaksanakan Inorga, hingga akomodasi bagi peserta dan official.
”Jadi ada Forda ini adalah lomba untuk olahraga tradisional dan rekreasi, ada panahan tradisional, ketapel egrang dan lainnya,” kata Eko
Eko Purwanto menambahkan Kabupaten Banyumas, mengikuti 23 Inorga dengan target masuk tiga besar. Sebab pada tahun sebelumnya Banyumas masuk rangking kedua dengan perolehan medali terbanyak. Persiapan sudah dilakukan oleh kontingen Banyumas, agar bisa meraih prestasi maksimal.
Selain itu, menurut Eko pihaknya juga melakukan pembinaan, terhadap para atlet melalui Inorga yang ada. Termasuk memberikan bantuan dana hibah, bagi Inorga yang ada untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang diperlukan guna menunjang prestasi.
Sebelumnya pada akhir pekan kemarin, untuk memperkenalkan Forda Jateng 2024 di Banyumas, diadakan parade sepeda tua dan fun bike mengelilingi kota Purwokerto. Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan orang.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX