Lingkar Banyumas

Pengabdi Unsoed Latih Penulisan Artikel Jurnal Guru PAI Petanahan

Senin, 10 Juni 2024 05.36

Pengabdi Unsoed Latih Penulisan Artikel Jurnal Guru PAI Petanahan

Suara Purwokerto - Penulisan artikel ilmiah bagi guru selama ini dianggap masalah dasar dalam karya publikasi. Masalah dasar ini menjadi inisiasi bagi dosen Pendidikan Agama Islam Unsoed untuk memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru.
Hal itu disampaikan Koordinator Program Pengabdian kepada Masyarakat Unsoed, Muhammad Baedowi dalam workshop penguatan penulisan artikel ilmiah bagi 38 guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen di Aula Gedung Pramuka Petanahan, Sabtu (8/6/2024).
Baedowi menjelaskan persoalan kepenulisan bagi guru terletak pada mental dan keterampilan menulis. Untuk itu, lanjut Baedowi langkah minat dan keterampilan dasar menulis perlu dikuatkan kembali yang akan diorbitkan ke jurnal ilmiah nasional.
“Penguatan kepenulisan artikel ini bersifat stimulus pendampingan. Peserta menyusun outline atau kerangka artikel dan parafrase dalam paragraf yang sederhana,” terangnya.
Ketua Kelompok Kerja Guru PAI Petanahan, Muhammad Sani menyampaikan penguatan penulisan artikel menjadi kredit point bagi keterlibatan guru ikut serta pelatihan. Guru selain mendapat kredit point juga memperoleh pengalaman teknis menyusun artikel jurnal ilmiah.
“Peserta mendapakan pengalaman teknis menyusun artikel dan akan didampingi dalam proses pengiriman ke jurnal ilmiah. Pengalaman ini mengajak guru untuk lebih kreatif dan produktif menulis tentang pengalaman mengajarnya di satuan pendidikan,” pungkasnya.

Penulis: Musmuallim

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX