Lingkar Banyumas

Peringatan Hari Waisak Harus Dimaknai Kesadaran Bangsa

Kamis, 23 Mei 2024 11.09

Penyuluh Agama Buddha Kabupaten Banyumas, Hermawan Setya Atmoko, S.Pd saat berada disekitar Candi Mendud

Suara Purwokerto - Peringatan Hari Waisak 2024 ini harus dimaknai dengan kesadaran bangsa ini. Bahwa, bangsa ini juga kaya akan keragaman yang sangat penting untuk merawat harmoni, dan kerukunan. Hal tersebut disampaikan Penyuluh Agama Buddha Non PNS Kabupaten Banyumas, Hermawan Setya Atmoko, S.Pd. Ia mengatakan kerukunan merupakan prasyarat pembangunan.
"Trisuci waisak adalah hari suci umat budha, untuk merayakan tiga peristiwa penting," ucapnya Rabu (22/5/2024).
Ketiga peristiwa penting yang di maksud Hermawan yakni Kelahiran Siddhattha Gotama di Taman Lumbini pada tahun 623 SM. Kedua, tentang Kecerahan atau pencapaian Nibbāna oleh Siddhattha Gotama sehingga menjadi seorang Buddha di Buddhagayā (Bodh Gaya) saat berusia 35 tahun pada tahun 588 SM.
"Terakhir, wafatnya Buddha Gotama dalam keadaan sudah mencapai Nibbāna (parinibbāna) di Kusinārā saat berusia 80 tahun pada tahun 543 SM," katanya kembali.
Hermawan juga menyatakan ada tiga cara pokok rangkaian perayaan Waisak yang dilaksanakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Seperti, pembagian air berkah dari mata air umbul di Kabupaten Temanggung.
"Serta penyalaan obor menggunakan sumber api meraten dari Kabupaten Grobogan. Kedua, ritual pindah patah yaitu suatu ritual pemberian dana dan makanan kepada para biksu dari para umat Buddha," kata Hermawan.
"Ketiga, pakelar pelepasan lampu lampion Waisak atau pada perayaan waisak 2568 tahun 2024, dan dipercaya bisa menghilangkan hal-hal negatif," katanya, menjelaskan.
Terakhir, ia berpesan kepada masyarakat di Waisak 2024 ini, janganlah berbuat jahat perbanyaklah kebajikan, sucikanlah hati dan pikiran. Itulah cara ajaran budha, semoga semua makhluk hidup di alam semesta ini diberikan kebahagiaan dan kedamaian. 
"Semoga semua makhluk hidup berbahagia," ujarnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX