Lingkar Banyumas

Pj Bupati Banyumas Tampil Dalam Kethoprak Raden Kaligenteng

Senin, 6 Mei 2024 15.37

Pj Bupati Banyumas Tampil Dalam Kethoprak Raden Kaligenteng

Suara Purwokerto - Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro tampil dalam acara pagelaran Kethoprak Raden Kaligenteng yang diadakan pada hari Sabtu, (4/5/2024) di Taman Budaya Soetedja. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya  pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Banyumas. Selain Pj Bupati pada pagelaran tersebut, para pemeran lain adalah pejabat dan pegiat seni Banyumas.
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabupdar) Kabupaten Banyumas, Drs. Setia Rahendra, M. Si, mengatakan Pagelaran Kethoprak tersebut merupakan upaya nguri-nguri (melestarikan) budaya. Sekaligus juga mengenalkan seni ketoprak kepada generasi muda.
“Maksud dan tujuan dari diadakannya Pagelaran Kethoprak yang diperankan oleh pejabat dan pegiat seni budaya adalah untuk nguri-nguri (melestarikan) budaya, agar generasi muda tahu bahwa di banyumas terdapat banyak sekali seni dan budaya yang tumbuh serta berkembang dan harus di lestarikan oleh generasi muda,” ujar Setia Rahendra.
Acara Pagelaran Kethoprak ini didukung oleh Kemendikbudristek dengan dana alokasi khusus untuk kegiatan seni budaya. Rahendra juga mengatakan bahwa pemerintah selalu mengapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada pelaku seni dan budaya.
”Kami sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada para pelaku seni budaya, sanggar kesenian, dan lainnya yang terus berinovasi dan berkreatifitas sehingga Kab. Banyumas selalu mendapatkan berbagai predikat kejuaran regional maupun nasional,” katanya.
Rahendra menambahkan Pemerintah Kabupaten Banyumas telah merencanakan kalender acara untuk kegiatan seni dan budaya yang sudah direncanakan hingga bulan Desember 2024. Dengan diadakannya pagelaran seni dan budaya di Banyumas, ia berharap masyarakat dapat menyambut berbagai acara tersebut dengan menunjukan masyarakat Kabupaten Banyumas adalah masyarakat yang cinta dan peduli terhadap seni dan budaya lokal.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX