Lingkar Banyumas

BAZNAS Kabupaten Banyumas Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal

Sabtu, 24 Juni 2023 17.53

BAZNAS Kabupaten Banyumas Gelar Pelatihan Juru Sembelih Halal

Suara Purwokerto - Baznas Kabupaten Banyumas bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) menghelat pelatihan juru sembelih halal (Juleha), Sabtu (24/6) pagi.
Pelatihan Juleha berlangsung di kompleks Peternakan Prof Dr HA Shodiq, di Desa Karangsalam Kidul, Kecamatan Kedungbanteng, diikuti 50 peserta.
Ketua BAZNAS Banyumas Hj Khasanatul Mufidah menyebutkan, peserta pelatihan semula ditarget 27 dari perwakilan kecamatan. Antusiasme warga, perserta membengkak menjadi 50 peserta.
\"Karena banyaknya peminat yang ingin turut serta, pelatihan ini ditambah menjadi 50 orang,\" kata Hj Khasanatul Mufidah.
Narasumber pelatihan adalah Ketua DMI Kabupaten Banyumas, Prof Dr H Ashori. Prof Ansori menyampaikan materi tentang penyembelihan yang sesuai syariat Islam.
Adapun praktik penyembelihan melibatkan Juleha dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) Juleha Kabupaten Banyumas.
\"Kita melibatkan delapan praktisi Juleha yang sudah bersertifikat untuk memberikan materi pelatihan tata cara penyembelihan,\" kata Ketua DPD Juleha, Darmawan.
Untuk diketahui, untuk memperoleh sertifikat Juleha seseorang harus mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) secara intensif dan lolos uji kompetensi yang meliputi 10 jenis kompetensi.

Penulis: Akhmad Saefudin

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX