Lingkar Banyumas

Besok Pagi, MT @rraudhoh Parakan Onje Gelar Tasyakur (Dalam rangka Khotmil Qur’an wal Kutub tahun 2023)

Jumat, 16 Juni 2023 15.08

Besok Pagi, MT @rraudhoh Parakan Onje Gelar Tasyakur (Dalam rangka Khotmil Qur’an wal Kutub tahun 2023)

Suara Purwokerto - Majlis Taklim (MT) @rraudhoh Parakan Onje akan menggelar haflah dalam rangka tasyakur Khotmil Qur’an wal Kutub tahun 2023, Sabtu (17/6) pagi besok.
Kegiatan haflah tersebut berlangsung di Rumah Tahfidz @rraudhoh yang beralamat di Dusun Parakan Onje RT 01/05 –Desa Karangsalam Kidul, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas.
Pada helatan tersebut tercatat 50 santri yang ikut Khotmil Qur’an dan 38 santri yang ikut Khotmil Kutub. Dari 50 santri itu, satu di antaranya khatam Al-Qur’an 30 juz. Selebihnya bervariasi, ada yang hafal satu juz, dan rata-rata mencapai tiga hingga lima juz.
“Ada santri kami yang tahun ini selesai tahfidz Al-Qur\'an 30 juz, yakni atas nama Rotala Sofiyatunnisa binti Nasir Muheni,” kata Hj Noor Aini Saefudin, selaku pengasuh program tahfidz.
“Alhamdulillah, dua anak saya juga ikut khataman tahun ini. Masing-masing tahfidz lima juz dan dua juz Al-Qur’an,” kata Maftuchan, wali santri yang berdomisili di Desa Kebocoran, Kecamatan Kedungbanteng. 
Selain agenda Khotmil Qur’an, tercatat sebanyak 38 santri mengikuti Khotmil Kutub. Adapun literatur pesantren yang selesai dikaji adalah kitab ‘Aqidatul ‘Awam. 
Sesuai namanya, kitab ‘Aqidatul ‘Awam karya Syekh Ahmad al-Marzuqi al-Maliki al-Hasani ini berisikan pengetahuan aqidah (tauhid) bagi kalangan awam-pemula dalam bentuk kumpulan nadzom (syair).
Jadwal Kegiatan
Majelis Taklim @rraudhoh kini mengasuh sekitar 170 santri putra dan putri. Peserta didiknya mayoritas anak usia SD-SLTP, serta beberapa santri dari siswa SLTA dan umum.
Pembelajaran berlangsung enam hari efektif, mulai hari Senin hingga Sabtu. Waktu pembelajaran terbagi tiga gelombang: kelas siang (13.00-15.00), kelas sore (15.30-17.30), dan kelas petang (18.00-20.00).
Kegiatan taklim pagi hari antara pukul 09.00 hingga11.00 WIB diperuntukkan bagi santri mukim, ibu-ibu dan warga muslimat setempat. 

Penulis: Akhmad Saefudin

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX