Lingkar Banyumas

Dharma Wanita Banyumas Gelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Makrame

Senin, 29 Mei 2023 15.28

Dharma Wanita Banyumas Gelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Makrame

Suara Purwokerto - Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyumas menggelar pelatihan keterampilan pembuatan kerajinan cantik makrame atau kerajinan Tali yang dapat dijadikan berbagai bentuk barang, Senin 29 Mei 2023 di Pendopo Sipanji Banyumas.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan dan peninggkatan ekonomi kreatif keluarga bagi anggota Dharma Wanita.
Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyumas Ny. Rahayu Widianti Wahyu Budi Saptono mengatakan kegiatan diikuti sebanyak 40 anggota Dharma Wanita di seluruh instansi di Kabupaten Banyumas. Turut hadir pada kegiatan ini beberapa pengurus Dharma Wanita dan segenap panitia.
"Kerajinan makrame ini adalah seni kerajinan yang memanfaatkan tali dan benang untuk menciptakan aneka ragam aksesoris dan produk, Kerajinan makrame ini menggunakan tali kur yang mudah ditemukan di pasaran," katanya.
Kerajinan ini dapat dibuat berbagai barang seperti tas, gantungan kunci, gantungan pot dan sebagainya dengan berbagai bentuk motif yang cantik. Kerajinan dari tali kur ini, juga bisa dijadikan berbagai bentuk tas dengan motif yang cantik juga dapat dijadikan gantungan bunga dengan motif kura-kura, bunga, bintang, dan sebagainya.
"Berbagai hasil kerajinan dari makrame ini dapat dihargai dengan ratusan ribu rupiah karena kualitasnya yang bagus dan juga tahan air. Maka, keinginan dan kemampuan agar dapat menambah penghasilan rumah tangga yang dimiliki oleh anggota Dharma Wanita  maka diberi ilmu keterampilan agar dapat meningkatkan pendapatannya," tambah Ny Rahayu
Pelatihan keterampilan keterampilan ini dilakukan dengan metode participatory learning menitikberatkan pada learning by doing, dengan cara melatih, membina, mempraktekan, dalam menyelenggarakan pembuatan produk dari tali macrame. Pelatihan ini terdiri dari 3 kegiatan yakni menimbulkan keinginan dan kemauan para mitra untuk meningkatkan pendapatan rumah tangganya,  peningkatan keterampilan tali macrame menjadi barang yang bernilai ekonomis. 
"Saya berharap setelah mendapat pelatihan, selain bisa untuk ketrampilan diri, juga agar ditularkan kepada anggota lain di kelompoknya agar bisa membentuk kelompok usaha kerajinan tali Macrame," pungkasnya

Penulis: Administrator

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX