Lingkar Banyumas

ASN Setda Banyumas Ikuti Pengajian Ramadan

Jumat, 24 Maret 2023 21.04

ASN Setda Banyumas Ikuti Pengajian Ramadan

Suara Purwokerto - Puluhan PNS di Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas mengikuti pengajian yang disampaikan oleh Ustad Mintaraga Eman Surya, LC, Jumat (24/3) di Pendopo Si Panji Purwokerto.
Kabag Kesra Setda Banyumas Drs Suwondo, MM mengatakan,  pengajian Jumat pagi selama Ramadan ini, dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Amaliyah Ramadhan di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas.
"Pengajian Amaliyah Ramadhan kali ini merupakan kali pertama dan akan dilaksanakan Setiap Hari Jumat selama bulan Ramadhan," kata Suwondo
Sementara itu, Ustad Mintaraga menyampaikan tausiah dengan pembawaan yang santai tetapi serius, serta diselingi canda. Mengawali pengajian secara berkelakar mengatakan bahwa banyak orang Banyumas yang gagal berpuasa. Hal ini ditandai dengan banyaknya sampah yang menumpuk justru di saat bulan puasa.
"Hakikat puasa sejatinya adalah untuk melatih diri seefisien mungkin dalam menjalani kehidupan menuju terbentuknya pribadi yang utama (ketaqwaan), namun ternyata justru banyak yang menambah kebutuhan, sehingga budaya konsumtif dibulan Ramadan harus diperbaiki," jelasnya.
Lebih lanjut Ustad Mintaraga mengajak kepada para PNS yang hadir untuk mengubah pola puasa saat ini.
"Kalau menyimak hakikat diatas tentunya ada yang salah dalam puasa kita selama ini, karena fenomena yang ada menunjukkan peningkatan kebutuhan justru disaat puasa" kata ustad Mintaraga.
Menurutnya, dengan kebutuhan dan sampah yang meningkat, menunjukan bahwa tidak ada efisiensi dalam bulan puasa ini, tetapi justru peningkatan kebutuhan. 
"Padahal Nabi Muhammad SAW mencontohkan bahwa saat berbuka beliau hanya memakan tiga buah kurma. Tentu itu harus menjadi tauladan bagi kita, bahwa saat berbuka kita tidak berlebihan," lanjutnya
Ia juga memastikan, bahwa manusia itu sangat cukup untuk untuk makan 2 kali. Sehingga bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan saat menjalankan Ibadah Puasa.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX