Lingkar Banyumas

Mahasiswa Unsoed Raih 2 Penghargaan pada Malaysia Technology Expo 2023

Jumat, 24 Maret 2023 14.32

Mahasiswa Unsoed Raih 2 Penghargaan pada Malaysia Technology Expo 2023

Suara Purwokerto - Prestasi tingkat internasional kembali diraih oleh tim Unsoed dengan dua perolehan prestasi sekaligus yakni "Gold Medal : The Category of Protection of Environment, Energy, Water and Sanitation" dan "Special Award of Promising Young Entrepreneur by National STEM Association" pada kompetisi bergengsi Malaysia Technology Expo 2023, bertempat di Putra World Trade Center (WTC) Kuala Lumpur, Malaysia. Kompetisi tahunan tersebut diselenggarakan pada 16-18 Maret 2023. Acara ini menjadi pergelaran yang ke-22 kalinya.
Di bawah bimbingan Dr. Ir. Hj. Rahayu Widiyanti, M.P., Tim Unsoed mengangkat inovasi berjudul "HEBE Soap: Organic & Antioxidant Body Soap Made from Soybean Dregs to Utilize Tofu Waste in Kalisari Village, Banyumas, Indonesia". 
Diketuai oleh Egi Bachtiar (FEB), tim ini beranggotakan 6 orang yakni: Maulana Hasbi Asshidiq (FAPET), Muhammad Farhan Daud (FAPET), Heni Fatmayanti (FEB), Rachel Sekar Vini Utami (FISIP), Ria Rohayati (FAPERTA), dan Annisa Tiara Qurrota A'yun (FEB).
Ketua Tim Egi Bachtiar mengatakan setelah melalui berbagai tahapan dan seleksi penilaian selama 5 bulan, mulai dari pembentukan tim, proses produksi, hingga perancangan proses pemasaran dan komersialisasi, tim Unsoed berhasil bersaing dengan 149 tim lain yang datang dari berbagai negara di Asia maupun Eropa seperti: Singapura, Prancis, Saudi Arabia, China, Hong Kong, Inggris, Iran, dan Swedia. Prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Unsoed, karena tim memperoleh kesempatan untuk memperkenalkan potensi ampas tahu di Desa Kalisari, Banyumas, hingga memperoleh apresiasi yang tinggi di kancah internasional.
"Untuk kendala dalam perlombaan ini, mungkin perlu adanya keberanian tinggi untuk mengikuti lomba di tingkat internasional, karena kami juga sempat terkendala dalam hal pendanaan," kata Egi Bachtiar Jumat 24 Maret 2023
Selanjutnya ia menambahkan, karena butuh persiapan yang cukup panjang supaya bisa lolos di setiap tahapan kompetisi, sebenarnya cukup melelahkan, tetapi ia bersama tim tetap berusaha sampai akhir untuk hasil yang maksimal.
"Perjuangan tidak mengkhianati hasil, setelah berbulan-bulan mempersiapkan perlombaan ini, tim Unsoed kembali dengan mengantongi dua prestasi bergengsi sekaligus," pungkasnya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX