Lingkar Banyumas

Dewan Sako Maarif NU Kwarcab Banyumas Dilantik

Selasa, 21 Maret 2023 14.45

Dewan Sako Maarif NU Kwarcab Banyumas Dilantik

Suara Purwokerto - Ketua Gerakan Pramuka Satuan Komunitas Maarif NU (Sakoma NU) Kwarcab Banyumas Musmualim, M.Pd.I melantik Dewan Satuan Komunitas (Dewan Sakoma NU) Masa Bakti 2022-2026, Senin 20 Maret 2023 di Rumah Makan Sambel Blethok Purwokerto. Pengurus yang berjumlah 16 orang tersebut diketuai oleh Dimas Sakti Laksanaputra dari SMA Ma'arif Ajibarang dengan Wakil Ketua  Naila Rizkia, Sekretaris Hesti Pramestia Marta dan Bendahara Syiva Asni Aulia.
Ketua Gerakan Pramuka Satuan Komunitas Maarif NU (Sakoma NU) Kwarcab Banyumas Musmualim, M.Pd.I mengatakan Satuan Komunitas Ma’arif (Sakoma) merupakan bentuk komunitas yang berada di lingkungan Lembaga Pendidikan (LP) Maarif yang mengelola kegiatan dan pembinaan pada bidang kepramukaan. Secara umum, latar belakang dibentuknya Pramuka Sakoma adalah guna mempermudah koordinasi dan komunikasi yang berada di lingkungan Lembaga Pendidikan (LP) Maarif. 
“Bentuk dan konsepnya sama dengan pramuka biasanya, tidak ada istilah pergerakan pramuka sendiri. Namun, yang paling menonjol, kemasan sakoma secara kegiatan lebih relegius dan menginduk kemaarifan, selaras dengan tujuan utama Sakoma memiliki yakni menciptakan pendidikan pramuka yang berkarakter keagamaan,” jelasnya
Terkait dengan pembentukan Dewan Sako, Musmuallin mengatakan Sako merupakan upaya pengembangan dan pengabdian Pramuka Penegak di jajaran Lembaga Ma'arif NU di Kabupaten Banyumas. 
“Demi tercapainya rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Sako Ma’arif Banyumas, dibutuhkan Dewan Sako sebagai pembantu pelaksanaan tugas dan kegiatan,” tambahnya
Dewan Sakoma NU yang dilantik ini adalah angkatan pertama di Satuan Komunitas Maarif NU Kwarcab Banyumas.  Ia berharap, amanah yang dipercayakan kepada Dewan Sakoma yang pertama kalinya ini dapat mengoptimalkan program-program Sakoma NU Banyumas. 
“Kepada seluruh anggota Sakoma NU yang berasal dari Pramuka Penegak dari Lembaga Pendidikan Maarif NU, juga diminta untuk memantapkan tekad sebagai gerakan kepramukaan yang bisa mengembangkan dan memupuk tunas-tunas bangsa agar menjadi kader yang punya karakter dan bertanggungjawab, berkepribadian mulia, dan mencintai tanah air ,” tandasnya.   
Sementara Ketua Dewan Sakoma NU Dimas Sakti Laksanaputra mengaku siap mendukung dan melaksanakan program kerja yang direncanakan oleh Sakoma NU Kwarcab Banyumas.
“Setelah dilantik kami akan melakukan beberapa kegiatan untuk mendukung kegiatan Sakoma, terutama dalam pembinaan pramuka di golongan pramuka penegak dan pandega,” katanya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX