Lingkar Banyumas

Tingkatkan Peran Dalam Pembangunan, Kader PKK Sambengwetan Ikuti Pelatihan

Sabtu, 18 Maret 2023 22.59

Tingkatkan Peran Dalam Pembangunan, Kader PKK Sambengwetan Ikuti Pelatihan

Suara Purwokerto - Peranan PKK ditingkat desa maupun kelurahan sangat strategis menyukseskan pembangunan di wilayahnya, melalui 10 Pokok Program PKK nya. Oleh karenanya peningkatan kemampuan SDM melalui kader ditingkat desa, RW maupun RT perlu terus dilakukan.
Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sambeng Wetan Kecamatan Kembaran Eka Windarti mengatakan pihaknya menggelar pelatihan dan sosialisasi Hasil Rakernas PKK kepada pengurus Dasa Wisma, RT dan RW sebanyak 90 peserta. Sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan selama 2 hari Kamis-Jumat 16-17 Maret 2023 di balai desa dengan materi Visi dan Misi Gerakan PKK, Tujuan PKK dan Administrasi Kelompok PKK Dasa Wisma, RT dan RW.
"PKK memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga terutama di desa Sambengwetan, karenanya 10 program pokok itu harus dilaksanakan secara baik," ujarnya.
Menurutnya, kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian.
Senada disampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Kembaran Izzetul Ummah Omar Udaya, S. Spi
"Kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer dalam pembangunan," katanya
Izzetul Ummah menambahkan, PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.
"Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif," kata Izzetul Ummah Omar Udaya
Sementara Nani Wiyati Sekretaris TP PKK Kecamatan Kembaran menyampaikan  materi tentang Cara pengisian administrasi kelompok dawis, RT dan RW. Menurutnya administrasi menjadi kebutuhan karena menjadi pedoman, dokumentasi dan evaluasi dari program yang dijalankan.

Penulis: Nani Wiyati

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX