Lingkar Banyumas

Tiga Bulan Mangkrak, Warga Untuk yang Kedua Kali Bangun Jembatan Darurat Diatas Jalan Putus

Minggu, 5 Februari 2023 02.39

Suara Purwokerto
BANYUMAS - Untuk yang kedua kali warga Desa Samudra Kulon Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Jumat (03/02/23) membangun jembatan darurat. Jembatan ini dibangun warga, relawan dan TNI/Polri diatas jalan putus yang sudah tiga bulan tak ada perbaikan.

Sekitar 60 warga dan relawan serta dibantu TNI/ Polri membangun jembatan darurat sepanjang 20 meter diatas jalan yang putus pada 18 November 2022 lalu. Jembatan darurat sebelumnya ambrol lantaran tertimpa longsoran pada Rabu (01/02/23) lalu. 

Kades Samudra Kulon, Susmono mengatakan jembatan darurat yang kedua kali ini merupakan upaya agar masyarakat yang menggunakan jalur tersebut kembali bisa beraktivitas 

" Ini memang sangat penting karena menjadi lalu lintas ekonomi dan pertanian warga," ujar Susmono.

Hal senada dikemukakan Camat Gumelar, Diah Rapita saat berkunjung ke lokasi. Menurut camat, sebelum ada jembatan permanen, sementara warga bisa menggunakan jalur tersebut.

" Kita tengah mengupayakan sesegera mungkin membangun jembatan permanen. Semoga tidak terlalu lama," ujar Diah.

Sementara, Danramil 14 Gumelar, Letda Inf. Amat Barokah yang ikut terjun membantu warga membangun jembatan darurat mengatakan, jembatan sementara dibangun untuk memudahkan warga kembali beraktivitas.

Danramil bersama anggotanya turun langsung ke lokasi hingga jembatan tersebut selesai dan langsung di uji coba.

" Alhamdulilah, jembatan selesai sekitar pukul 11 30 dan bisa dilewati sepeda motor. Silahkan warga menggunakan jembatan tersebut dan bisa menjaga bersama sama," ujar Danramil.

Danramil mengaku bangga dengan semangat warga yang bergotong royong tanpa pamrih menyelesaikan pembangunan jembatan darurat tersebut. Diharapkan agar warga tetap waspada adanya longsor tebing diatas jembatan tersebut.

Seperti diberitakan, jalan raya Desa Samudra Kulon, Gumelar longsor dan putus pada 18 November 2022 lalu. Akibatnya jalur yang merupakan perbatasan dengan kabupaten Brebes ini lumpuh total. (Nanang AN).

Penulis: Nanna

Editor: Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX