Lingkar Banyumas

Ratusan Perempuan Berkebaya, Ramaikan Senam Bersama di Ajibarang

Sabtu, 4 Februari 2023 20.15

Ratusan Perempuan Berkebaya, Ramaikan Senam Bersama di Ajibarang

Suara Purwokerto - Senam Bersama menyongsong Hari Jadi ke 452 Tingkat Kecamatan Ajibarang, Sabtu 4 Februari 2023 di Halaman SD Negeri Ajibarang Wetan, terlihat berbeda. Pasalnya ratusan perempuan peserta senam tersebut mengenakan kebaya. Meski demikian mereka tetap antusias mengikuti irama yang mengalun teratur bahkan kadang menghentak dengan lincah, energik dan semangat.
Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Banyumas, Erna Sulistyawati Achmad Husein mengatakan, kebaya sudah hal lumrah dipakai oleh perempuan dalam acara resmi atau seremonial, namun kali ini terlihat ratusan ibu-ibu memakai kebaya untuk mengikuti senam bersama yang digelar Pemerintah Kecamatan Ajibarang bersama PKK di Eks Kawedanan Ajibarang.
“Meski memakai kebaya, ternyata tidak menjadi kendala buat mereka untuk bergerak mengikuti irama dan mereka terlihat tetap ceria,” katanya.
Ketua Tim Penggerak PKK ini menambahkan, senam berkebaya ini digagas untuk mendukung upaya Pemerintah Pusat mendaftarkan kebaya, sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asal Indonesia kepada UNESCO.
“Seperti diketahui, sebelumnya Batik juga telah diakui dan ditetapkan UNESCO sebagai WBTB asal Indonesia pada tahun 2009. Semoga Kebaya akan menyusul,” lanjut Erna Husein.
Sementara Camat Ajibarang Parsono mengatakan senam kebugaran bersama diikuti oleh sekitar 500 orang dengan mengenakan kostum kebaya Banyumas dikombinasikan kain jarit untuk aksesorisnya. Mereka berasal dari perwakilan PKK Kecamatan di eks Kawedanan Ajibarang
"Peserta sangat semangat melaksanakan senam, dengan berteriak-teriak dan bergerak ke depan belakang samping kanan kiri mengikuti Instruktur Rosita dari Desa Ajibarang Kulon, yang juga pandai membakar semangat peserta," jelasnya
Usai senam para peserta mengikuti lomba permainan tradisional Gobag Sodor

Penulis: Isna Maulidah Rachmawati

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX